Kesempatan Langka Mahasiswa Magang di Pulau Gilimotang

Selasa, 13 Desember 2022

Labuan Bajo, 13 Desember 2022. Mahasiswa magang dari Program Studi Manajemen Destinasi Pariwisata Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Joy Filip Oktavianus, mengikuti kegiatan penjagaan di Resort Loh Baru, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I, Balai Taman Nasional Komodo mulai tanggal  21  –  31  Oktober  2022.  Joy  ditugaskan  di  Resort  Loh  Baru  untuk membandingkan bentuk pengelolaan resort non-wisata dan mengikuti kegiatan monitoring populasi biawak komodo di Pulau Gilimotang bersama Tim 7 Balai Taman Nasional Komodo.

Resort Loh Baru merupakan salah satu resort jaga dalam lingkup wilayah SPTN Wilayah I di Pulau Rinca. Resort ini berada di tenggara Pulau Rinca dan memiliki wilayah kerja yang sangat luas meliputi Pulau Nusa Kode dan Pulau Gilimotang. Resort Loh Baru dikelilingi oleh beberapa tipe ekosistem diantaranya: ekosistem mangrove, pantai, daratan rendah, dan sabana, yang menjadikan resort ini berbeda dengan resort jaga di sekitarnya.

Pengalaman yang sangat langka didapatkan Joy saat bertugas di Resort Loh Baru. Joy berkesempatan mengunjungi Pulau Gilimotang sebagai salah satu habitat alami biawak komodo yang berada di selatan Pulau Rinca.

Abdul Hamid (Kepala Resort Loh Baru), Hendra Liu (Tenaga Pengamanan Hutan Resort Kampung Kerora), Gunardi dan Ady Setiawan (Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Baru) serta beberapa anggota Tim 7 Balai Taman Nasional Komodo menyelenggarakan kegiatan monitoring populasi biawak komodo di Pulau Gilimotang dengan melibatkan Joy sebagai mahasiswa magang di Resort Loh Baru. Setidaknya terdapat 16 titik pengamatan   di   Pulau   Gilimotang.   Joy   bersama   dengan   tim   Hendra   Liu bertanggung jawab memasang camera trap di sebanyak lima titik pengamatan di bagian barat Pulau Gilimotang. Camera trap ini dipasang untuk menangkap gambar biawak komodo di alam. Adapun peralatan yang dibawa antara lain: umpan berupa daging kambing, kotak umpan, tali, dan camera trap. Kamera yang sudah dipasang di setiap titik ditinggalkan selama tiga hari untuk memberikan waktu bagi daging umpan membusuk. Tim kemudian akan mengambil kembali kamera dan mengunduh seluruh dokumentasi yang terekam dalam setiap camera trap. Sesampainya di Resort Loh Baru, Joy juga diajarkan teknik analisa data berdasarkan data yang sudah dituangkan pada tally sheet saat pemasangan kamera dilakukan.

Selain kegiatan monitoring populasi biawak komodo komodo, Joy juga ikut dalam kegiatan jelajah hutan. Joy melakukan pengamatan satwa dan berhasil menjumpai lima sarang komodo dengan letak posisi sarang yang berdekatan. Joy juga mengikuti patroli perairan dengan menyusuri perairan Loh Dasami hingga mencapai Pulau Nusa Kode. Terakhir, Joy bersama dengan petugas resort lainnya mengunjungi Loh Tongker dan Pulau Muang untuk melakukan pengamatan pada wilayah perairan.

Joy merasa beruntung ditugaskan selama kurang lebih sepuluh hari di Resort Loh Baru. Pengalaman langka bagi mahasiswa pariwisata selama bertugas di selatan Pulau  Rinca.  Joy  berharap  agar  mahasiswa  pariwisata  Indonesia  lebih  mampu memahami  tugas  pokok  dan  fungsi  jagawana  (ranger) di  hutan  yang  kerap  tidak terlihat/tampak pada media sosial terkini. Joy merasa menjadi satu bagian dengan para ranger saat bertugas di alam.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Mahasiswa Manajemen Destinasi Pariwisata Politeknik Pariwisata NHI Bandung - Joy Filip Oktavianus (+6281395201028)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6281138290000)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini