Pembinaan Masyarakat Peduli Api Rengganis Timur

Jumat, 09 Desember 2022

Baderan, 9 Desember 2022. Balai Besar KSDA Jawa Timur menggandeng Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan – Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim melaksanakan pembinaan masyarakat peduli api (MPA) di Desa Baderan - Situbondo pada 8 -9 Desember 2022. Kegiatan ini diikuti sekitar 30 anggota MPA Rengganis Timur yang telah dibentuk pada 2018 yang lalu.

Pembinaan yang dilaksanakan di Balai Desa Baderan ini juga dihadiri oleh Tenaga Ahli Menteri KLHK, Ir. Taruna Jaya, M.Si dan Ariyanto, S.Ag. S.S. M.Hum, Kasubdit. Pencegahan Karhutla Anis Susanti Ariyati, S.Hut. M.Si., serta Kepala Bidang KSDAE Dinas Kehutanan Prov. Jawa Timur Ir. Basunando, MM.

Selama dua hari, para peserta menerima materi-materi berupa teori dan praktek mengenai Kebijakan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Jawa Timur, Teknik Pengendalian Karhutla, dan Kelembagaan MPA. Menariknya pada pembinaan kali ini juga diberikan materi Pengembangan Site Ekowisata Avifauna oleh Birdpacker Indonesia. Hal ini diberikan mengingat sebagian besar anggota MPA juga berprofesi sebagai porter dan guide bagi para pendaki yang berkunjung ke Argopuro.

Pada hari kedua, peserta melaksanakan praktek berupa simulasi pemadaman kebakaran hutan serta pembentukan kelembagaan MPA Rengganis Timur. Tampak wajah-wajah penuh semangat pada diri anggota MPA saat mempraktekkan pemadaman dengan berbagai peralatan yang telah disediakan.

Pendakian Tenaga Ahli Menteri

Ada cerita menarik dibalik dicetuskannya kegiatan pembinaan terhadap MPA Rengganis Timur ini. Semua berawal dari pendakian 2 tenaga ahli menteri KLHK, Taruna Jaya dan Ariyanto pada bulan Agustus yang lalu. Keduanya mendaki dari Baderan di Situbondo dan turun di Bermi, Probolinggo.

Baderan dan Bermi merupakan desa penyangga dari Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Yang atau Gunung Argopuro yang dikelola oleh BBKSDA Jawa Timur. Gunung Argopura menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki di Indonesia karena memiliki trek terpanjang di Pulau Jawa.

Saat pendakian mereka didampingi oleh beberapa petugas Resort Konservasi Wilayah 23 Argopuro bersama beberapa porter yang juga anggota MPA. Selama perjalanan pendakian inilah keduanya banyak melakukan dialog dengan petugas, porter, maupun pendaki lain. Melihat kawasan suaka margasatwa yang memiliki beberapa padang savana yang menawan, namun juga menjadi potensi terhadap terjadinya kebakaran hutan.

Akhirnya diputuskan untuk  membina kembali MPA dengan pengetahuan pengendalian kebakaran hutan lahan. Dan melengkapinya dengan seragam serta peralatan pemadaman kebakaran hutan.

Sebelum mengakhiri kegiatan Pembinaan MPA di Baderan, kedua Tenaga Ahli Menteri bersama Muspika Kecamatan Sumbermalang, tim dari BBKSDA Jatim serta Dit. PKHL melaksanakan penanaman bibit pohon di sekitar Desa Baderan.

Sumber : Agus Irwanto - Balai Besar KSDA Jatim

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 1

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini