Bersama Menyusun Rencana Pemberdayaan Masyarakat

Kamis, 08 Desember 2022

Pekanbaru, 8 Desember 2022 - Konsultasi publik penyusunan dokumen Rencana Pemberdayaan Masyarakat (RPM) di sekitar kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan, SM Tasik Serkap dan SM Tasik Besar Serkap Tahun 2022 sd 2026 digelar Balai Besar KSDA Riau, Selasa (29/11), di Aula Kantor Kecamatan Rengat Kab.Indragiri Hulu.

Materi disampaikan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Inhu sebagai narasumber dan pemaparan draft dokumen RPM yang disampaikan oleh Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Riau, Tommy S.P Sinambela. Setelah diskusi acara ditutup dengan foto bersama dan penanda tanganan Berita Acara Hasil Konsultasi Publik dengan beberapa poin meliputi :

  1. Draft Rencana Pemberdayaan Masyarakat telah disosialisasikan dan dapat dipahami secara bersama.
  2. Para pihak mendukung Rencana Pemberdayaan Masyarakat di sekitar kawasan konservasi SM. Kerumutan, SM.Tasik Serkap dan SM.Tasik Besar Serkap.
  3. Catatan lain dari para pihak atas draft RPM adalah sebagai berikut :
  • Perlu adanya pendamping dari Balai Besar KSDA Riau dan dinas terkait kepada kelompok tani hutan yang dibentuk dan berada di sekitar kawasan konservasi.
  • Perlu diperjelas tanda batas pada kawasan konservasi SM.Kerumutan.
  • Bantuan yang akan diberikan agar bisa dilakukan secara tepat sasaran kepada kelompok tani hutan yang betul-betul bergantung kepada hutan.
  • Perlunya kerjasama antara Balai Besar KSDA Riau dengan desa target, dalam pembentukan Masyarakat Mitra Polhut.

Acara yang dibuka oleh Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan, Arry Purnama yang mewakili Kepala Balai Besar KSDA Riau turut dihadiri peserta dari Sekretaris Kec. Rengat, Kasi Pemerintahan Kec. Rengat Barat, Kasi Trantip Kec. Kuala Cenaku, Lurah Kerumutan, Kepala Desa Redang, Kepala Desa Danau Baru, Kepala Desa Rantau Bakung, Kepala Desa Sungai Guntung Tengah, Kepala Desa Kampung Pulau, Sekretaris Desa Pulau Gelang, Kasi Pelayanan Desa Pekan Heran, Tokoh masyarakat, Kepala Resort Kerumutan Utara, Kepala Resort Kerumutan Selatan dan Tim Bidang KSDA Wilayah I Rengat.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini