Menuju Masyarakat Sejahtera Dengan Bantuan Ekonomi Produktif

Rabu, 07 Desember 2022

Pekanbaru, 7 Desember 2022 - Berlokasi di kantor Seksi Konservasi Wilayah (SKW) IV Dumai, Balai Besar KSDA Riau, melakukan penyerahan bantuan ekonomi produktif di sekitar kawasan konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai, Kota Dumai dan di Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil, Kab. Siak, Kamis (30/11). Kegiatan ini merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan konservasi agar lebih mandiri dan mampu mengembangkan usaha sesuai dengan potensi masing-masing kelompok.

Penyerahan bantuan ini diberikan langsung oleh Plt. Kepala Bidang KSDA Wilayah II, bapak Hartono kepada kelompok masyarakat yang berada di Kel. Bukit Timah dan Kel. Tanjung Palas, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai. Masyarakat menyambut baik program dari Balai Besar KSDA Riau tersebut, yang sebelumnya pada 22 November 2022 juga telah diberikan bantuan kepada kelompok masyarakat yang berada di Desa Langkai, Kabupaten Siak.

Kelompok masyarakat di sekitar TWA Sungai Dumai yang mendapat bantuan ekonomi produktif dari Balai Besar KSDA Riau berjumlah 3 (tiga) kelompok dan di sekitar SM Giam Siak Kecil hanya 1 (satu) kelompok yaitu kelompok tani hutan (KTH) Pandan Wangi, Kel. Tanjung Palas, Kota Dumai, dengan jenis usaha olahan makanan dan pertanian tebu, KT Gambut Berkah, Kel. Bukit Batrem, Kota Dumai dengan jenis usaha budidaya lele dan Pertanian Cabe, Kelompok Giat Rukun, Kel. Bukit Batrem, Kota Dumai dengan jenis usaha budidaya lele, Kelompok Maju Usaha, Desa Langkai, Kab. Siak dengan jenis usaha budidaya madu lebah Melifera. Masing-masing Kelurahan mendapatkan bantuan senilai Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah).

Balai Besar KSDA Riau berharap kegiatan ini bisa berhasil, dikelola dan dimanajemen dengan baik serta kelompok masyarakat ikut menjaga kawasan serta menyampaikan ke masyarakat yang lain terkait kelestarian TWA Sungai dan SM Giam Siak Kecil. Kegiatan dihadiri Plt. Kepala Bidang KSDA Wil. II, Plt. Kepala SKW IV, Kepala Resort Dumai, Staf seksi dan Resort, Lurah Bukit Batrem, Kepala Desa Langkai dan Kelompok Masyarakat.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini