Jejak Komitmen Relawan Jaga Simpenan

Selasa, 06 Desember 2022

Sidoarjo, 5 Desember 2022. Tahun ini adalah tahun ketiga kegiatan revitalisasi bufferzone Cagar Alam (CA) Manggis Gadungan yang digagas dan dilaksanakan oleh ARPLH (Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup) Kediri beserta pihak terkait. Sejak dicanangkan pada tahun 2020, revitalisasi bufferzone telah berhasil menghijaukan sisi barat, utara dan selatan CA Manggis Gadungan. Berawal dari penanaman saat musim penghujan di akhir tahun 2020, dilanjutkan pemeliharaan saat musim kemarau begitu seterusnya hingga memasuki tahun ketiga. Membuka musim tanam tahun ini, Minggu, 4 Desember 2022, ARPLH bersama dengan CDK Trenggalek, DWP CDK Trenggalek, BKPH Pare, RKW 03 CA Manggis Besowo Gadungan, Pramuka Saka Wanabakti Kediri, Sispala SMAN 2 Pare, dan SMA Canda Birawa menanam sekaligus melakukan penyulaman terhadap tanaman tahun sebelumnya. Penanaman difokuskan di timur kawasan mengingat banyaknya tanaman yang mati di sisi timur diduga akibat serangan Ulat Tanah (Embug).

200 bibit tanaman yang terdiri dari Ficus benjamina, Ficus curzii, Ficus drupacea, Ficus elastica, Ficus religiosa, Ficus rumphii, Ficus albiphila, Ficus microcarpa dan Ficus glauca habis tertanam dalam sekejap. Hal ini tidak lepas dari turut sertanya Kelompok Masyarakat desa penyangga CA Manggis Gadungan binaan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA Jatim). Kelompok Masyarakat tersebut adalah Wana Lestari Desa Wonorejo, Alas Simpenan Sejahtera Desa Manggis, Wana Asri Desa Satak dan Joyo Sedulur Desa Asmorobangun.

Dengan kegiatan lanjutan ditahun ketiga ini, semakin membuktikan komitmen dan konsistensi ARPLH dan pihak terkait dalam mewujudkan bufferzone menjadi hutan alam sekunder sebagai penyangga CA Manggis Gadungan. “Lima sampai sepuluh tahun lagi, kita akan melihat bufferzone ijo royo royo, menjadi penyokong alas simpenan Manggis sebagai habitat dan sumber pakan bagi satwa penghuninya” tandas Ari Purnomo Adi, ketua ARPLH mengungkapkan mimpi dan harapannya untuk bufferzone.

Sumber : Siti Nurlaili – Balai Besar KSDA Jawa Timur

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini