BBKSDA Sumatera Utara Gandeng Bius Simatupang Tanam Pohon di HMPI 2022

Jumat, 02 Desember 2022

Masyarakat bius Simatupang  menanam pohon di TWA Sijaba Hutaginjang

Sijaba Hutaginjang, 2 Desember 2022. Masih dalam momentum peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2022, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar menggandeng masyarakat bius Simatupang melakukan penanaman pohon di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sijaba Hutaginjang tepatnya di fragmen Sijaba dan di sekitar Rumah Doa Tugu Simatupang, pada Rabu 30 November 2022.

Masyarakat bius Simatupang merupakan kelompok masyarakat adat dari keturunan salah satu marga di suku batak, yaitu marga Simatupang, yang terdiri dari Togatorop, Sianturi dan Siburian. Arti bius itu sebenarnya adalah kampung.  Fragmen Sijaba merupakan salah satu areal yang masuk ke dalam kawasan konservasi TWA Sijaba Hutaginjang, dimana TWA Sijaba Hutaginjang terbagi ke dalam 2 areal kawasan/fragmen, yaitu fragmen Sijaba yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan  dan fragmen Hutaginjang yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara. Sedangkan Rumah Doa Tugu Simatupang adalah tempat yang disakralkan oleh keturunan marga Simatupang sebagai tempat doa dan berziarah terhadap leluhur mereka.

Tim menyerahkan bibit pohon yang akan ditanam kepada warga bius Simatupang

Bibit pohon yang ditanam di momentum peringatan HMPI ini, teridir dari : bibit Pinus sebanyak 20 batang, bibit Makadamia Nuts sebanyak 20 batang , dan bibit buah-buahan sebanyak 20 batang. Kegiatan ini mendapat respon yang positif dan antusiasme warga sekitar sehingga kegiatan penanaman berjalan dengan lancar. Tak lupa Tim Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar juga melakukan sosialisasi tentang pentingnya penghijauan lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon dalam rangka  pelestarian kawasan konservasi sekaligus untuk menjaga keberlangsungan keragaman hayati dan ekosistemnya.

Sumber : Yustiil Fazri –Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini