Kelompok Binaan “Laksmana Bahari” Sebagai Pembelajaran Mahasiswa

Rabu, 30 November 2022

Swarangan, 26 November 2022 – Kelompok Laksmana Bahari binaan BKSDA Kalimantan Selatan mendapat kunjungan dari mahasiswa Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat sebanyak 33 orang dalam rangka praktik terkait kewirausahaan.  Praktik ini belajar terkait usaha yang dikembangkan oleh kelompok berupa pengolahan produk perikanan (Kerupuk ikan).  Kegiatan ini langsung didampingi  oleh ibu Noorhana dan Ibu Sari Emi beserta tim dalam menjelaskan proses dan tahapan pengolahan kerupuk ikan.  Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Resort Jorong SM. Pelaihari Akhmad Fauzan, S.Hut dan Badrul Arifin, S.Hut untuk memberikan penjelasan terkait kelompok binaan yang berada di sekitar kawasan konservasi Suaka Margasarwa Pelaihari.

Dalam Praktik ini semua mahasiswa mengikuti seluruh tahapan dan proses dalam pembuatan kerupuk ikan. Tahapan tersebut diantaranya yaitu pengolahan bahan, pemotongan, penjemuran dan pengemasan. Kemudian juga dijelaskan terkait proses pemasaran produk kerupuk melalui media sosial dan dititipkan ke pusat oleh-oleh di wilayah kecamatan Jorong dan Pelaihari.  Dipa selaku ketua angkatan dan mewakili mahasiswa menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan pendampingan dari kelompok dan petugas BKSDA Kalimantan Selatan selama proses praktik, sehingga berjalan dengan lancar.

2-2022-11-30 at 14.12.36

Pada Kunjungan ini juga disampaikan arahan dan apresiasi Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc. terhadap para mahasiswa Pendidikan Sosiologi FKIP ULM yang telah memilih kunjungan dan praktik kewirausahaan ke kelompok binaan BKSDA Kalimantan Selatan “Laksmana Bahari” Desa Swarangan.  Kelompok ini merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan melalui pengembangan usaha ekonomi dan potensi desa.  Dr. Mahrus berharap kegiatan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan terkait kewirausahaan.  Kemudian mewakili kelompok Laksmana Bahari, Ibu Sari Emi dan Noorhana menyampaikan agar dalam mengelola dan mengembangkan usaha  diperlukan ketekunan dan tidak mudah putus asa, karena untuk bisa berkembang suatu usaha diperlukan proses yang tidak instan.

3-2022-11-30 at 14.13.01

Pada penghujung kegiatan dilakukan foto bersama dan pemberian kenang-kenangan berupa sertifikat kepada kelompok dan para pendamping. Melalui kegiatan ini diharapkan membangun pola pikir mahasiswa terkait wirusaha dan dapat menjadi alternatif dalam menjalankan suatu usaha ekonomi produktif. (ryn)

Sumber : Akhmad Fauzan, S.Hut - Penyuluh Kehutanan / Kepala Resort SM Pelaihari, SKW I Pelaihari Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini