Giat HMPI di Kecamatan Adiankoting

Rabu, 30 November 2022

Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara ikut dalam penanaman pohon

Adiankoting, 30 November 2022. Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2022, lembaga mitra kerjasama Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) menyelenggarakan penanaman pohon di 2 desa yaitu Dolok Nauli dan Adiankoting, pada Senin 28 November 2022. Kegiatan yang mengusung tema “Menanam Pohon Untuk Kelestarian Habitat Orangutan Tapanuli dan Habitat Satwa Dilindungi Lainnya”, dipusatkan di gedung serba guna HKBP adiankoting, dengan rangkaian kegiatan acara sosialisasi dan penyadartahuan serta penanaman dan pembagian bibit pohon.

Pemilihan 2 desa yaitu Dolok Nauli dan Adiankoting, sebagai lokasi penanaman pohon mengingat desa-desa tersebut secara administrasi berbatasan langsung dengan Hutan Batangtoru/Harangan Tapanuli. Mayoritas masyarakat di desa tersebut adalah petani yang beraktivitas di dalam hutan yang memiliki mata pencaharian menyadap getah kemenyan dan karet. Sebagian besar lahan yang dikelola masyarakat di dalam hutan merupakan habitat bagi Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) yang merupakan spesies kunci.

Acara dihadiri Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung serta tamu undangan lainnya dari KPH XI Pandan, KPH XII Tarutung, Pemerintahan Kecamatan Adiankoting, Dinas Lingkungan Hidup Tapanuli Utara, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tapanuli Utara, SMP Negeri 2 Adiankoting, Pemerintahan Desa Dolok Nauli dan Adiankoting serta tokoh masyarakat dari Desa Dolok Nauli dan Adiankoting.

Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara memberikan sosialisasi dan penyadartahuan

Kegiatan penanaman pohon dilaksanakan di Objek Wisata Munson Lyman di Dolok Nauli. Sedangkan penyerahan bibit dilakukan secara simbolis kepada 2 desa, yang bibitnya berasal dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Asahan Barumun. Penanaman pohon menjadi gerakan global ditengah upaya restorasi keseimbangan ekosistem dan penyelamatan bumi dari berbagai ancaman. Semoga gerakan ini memberi manfaat dan dampak positif.

Sumber : Lantas Hutagalung – Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

 

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini