Happy Family Will Care To Nature di TWA Sibolangit

Selasa, 29 November 2022

Keceriaan bersama keluarga besar Rumah Belajar Vlayesha di TWA Sibolangit

Sibolangit, 28 November 2022. Momentum peringatan Hari Guru Tahun 2022 bercita rasa spesial bagi Rumah Belajar (RB) Vlayesha Medan. Rumah Belajar ini mampu meramu rasa cinta yang harmonis antara guru dengan murid dan orangtua. Harmonisasi ini diracik di dapur yang bernama kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit.

Inilah yang terlihat di saat 62 orang murid usia dini, mulai dari 3 -10 tahun (tingkat playgroup, TK dan SD) didampingi 67 orangtua serta 10 orang guru pendamping dari Rumah Belajar Vlayesha Medan, melakukan fieldtrip di kawasan TWA Sibolangit, pada Jumat 25 November 2022, yang bertepatan pula dengan peringatan Hari Guru.

Fieldtrip yang mengusung tema “Happy Family Will Care to Nature”  merupakan bentuk inovasi dari Rumah Belajar Vlayesha dalam merealisasikan dan mewujudkan program Kementerian Pendidikan Nasional yaitu Merdeka Belajar, dengan menerapkan Program Outdoor Learning (belajar di luar kelas) berupa Forest School (sekolah hutan) dan Family Gathering. Tema fieldtrip tersebut relevan juga dengan tema nasional peringatan Hari Guru “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar”.

Murid, guru dan orangtua terlihat kompak bersama-sama menyusuri kawasan TWA Sibolangit. Disaat ada flora maupun fauna yang menarik dipandang mata, maka semuanya saling berbagi informasi tentang apa yang diketahui. Model belajar seperti ini tentunya menyenangkan dan kreatif, karena tidak ada yang merasa lebih pintar, tetapi semuanya saling mengisi dan berbagi informasi dan pengetahuan. Bila mengalami kebuntuan, barulah meminta penjelasan dari petugas Resort TWA Sibolangit yang ikut mendampingi.

Tak jarang canda dan tawa ikut menghiasi perjalanan. Semua merasa sudah seperti saudara dan keluarga. Berfoto dengan objek-objek (angle) menarik yang ada di dalam kawasan juga dinikmati peserta, serasa tak ingin momen bagus dan indah ini berlalu tanpa kesan dan kenangan.

Di momen akhir kunjungan field trip, yang tak kalah seru dan mengharukan adalah saat acara peringatan Hari Guru yang diisi dengan berbagai kegiatan, seperti : persembahan lagu dari murid, lagu yang dinyanyikan guru bersama murid, puisi tentang lingkungan dan guru, pembacaan Sejarah Hari Guru , sambutan para guru, serta  penyerahan bingkisan  untuk guru dari para siswa didampingi orangutua.

Murid, guru dan orangtua bersehati merayakan Hari Guru di TWA Sibolangit

Seluruh peserta yang ikut, menyampaikan kesan positif tentang kawasan TWA Sibolangit. Selain sebagai tempat belajar untuk mengenal dan memahami arti penting konservasi bagi kehidupan manusia, kawasan ini juga dirasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh bukan hanya kesegaran jasmani melainkan juga  rohani. Disaat melakukan refleksi dan kontemplasi, ada ketenangan dan kedamaian yang dirasakan mengalir dalam tubuh dan membuat jiwa terasa tentram.

Kebahagiaan Rumah Belajar Vlayesha Medan, harus berakhir. Waktunya untuk kembali ke rumahnya masing-masing. Namun kesan dan kenangan yang indah di TWA Sibolangit tidak akan pernah lekang dan berakhir. Suatu waktu kelak kenangan indah dapat diulang kembali. Kunantikan kunjunganmu Rumah Belajar Vlayesha Medan di TWA Sibolangit…..

Sumber : Samuel Siahaan, SP. – PEH Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4.5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini