Tanam Pohon, Nyata Jaga Kelestariannya

Senin, 14 November 2022

Makassar, 14 November 2022 – Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan penanaman di lokasi Persemaian Permanen Bone, Desa Gareccing, Kecamatan Tonra Kabupaten Bone, Sabtu (12/11). Penanaman yang diinisiasi dari Balai Perbenihan Tanaman Hutan Wilayah II Makassar ini diikuti oleh perwakilan 14 UPT KLHK Sulawesi Selatan, Plt. Kades Gareccing, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta seluruh Pegawai BPTH Wilayah II Makassar.

Sebanyak 75 batang tanaman Produktif ditanam di lokasi demplot UPT, yang terdiri bibit Lengkeng Crystal, Mangga Mahathir dan Manalagi, Durian Musang King, Rambutan dan Alpukat Alligator. Diharapkan hasil penanaman di demplot UPT KLHK dapat menghasilkan bahan tanaman entries atau bahan sambungan bibit produktif untuk dibagikan gratis kepada masyarakat.

Ir. Jusman, Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan yang mewakili seluruh Kepala UPT KLHK Sulawesi Selatan menyampaikan pentingnya memaknai momentum peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia sebagai tindakan nyata meningkatkan kesadaran dan  kepedulian kita bersama tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan.

“Kolaborasi multi pihak dalam mendukung keberhasilan penanaman juga menjadi hal yang mutlak, untuk dapat merawat pohon yang ditanam dapat tumbuh dengan baik, sehingga dapat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan dan masyarakat sekitar”, ujarnya.

 “Persemaian Permanen berperan dalam penyediaan benih dan bibit berkualitas dalam program penanaman sangat penting, tantangan ke depan yaitu dapat menghasilkan bahan tanaman vegetatif jenis tanaman produktif yang nantinya hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, ujar Kepala Balai BPTH Wilayah II Makassar.  

Penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia pada tanggal 28 November setiap tahunnya muncul sebagai tindakan nyata dari kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian pohon demi mencegah dampak perubahan iklim. Dengan menjaga kelestarian diharapkan dapat mencegah dampak perubahan iklim yang saat ini menjadi wacana berbagai pihak.

Sumber : Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan

Call Center BBKSDA Sulsel: 08114600883

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini