Usai Menerima Bantuan, Produksi Usaha Kelompok Tani "Emak-emak" Kube Satahi Meningkat

Jumat, 11 November 2022

Emak-emak penuh semangat mengembangkan usaha keripik

Batang Onang, 10 November 2022. Kunjungan Tim Resort Suaka Margasatwa (SM) Barumun II, Balai Besar KSDA Sumatera Utara, untuk kegiatan monitoring ke Kelompok Tani (KT) Kube Satahi di Desa Batang Onang Baru, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, Selasa (1/11), disambut gembira oleh emak-emak anggota kelompok tersebut. KT Kube Saroha merupakan penerima bantuan dalam rangka Peningkatan Ekonomi Masyarakat Sekitar Kawasan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, pada tanggal 1 Agustus 2022 yang lalu.

Bantuan dana sebesar Rp. 35 juta melalui rekening kelompok, dialokasikan untuk pengembangan usaha rumah tangga berupa pembuatan keripik ubi serta kue lainnya (beteng-beteng dan kue bawang) melalui penambahan modal usaha, merenovasi pondok usaha serta melengkapi alat-alat usaha.

Setelah berjalan sekitar 3 bulan, manfaat bantuan mulai dirasakan oleh anggota KT Kube Saroha. Produksi usaha keripik ubi/singkong meningkat, dimana bahan baku ubi kayu/singkong yang sebelumnya sekitar 50 s.d 100 kg. sekarang sudah mencapai 200 kg per bulannya. Peningkatan produksi ini membuat anggota kelompok yang mayoritas emak-emak, semakin bersemangat karena merasakan dampak peningkatan perekonomian. Selain itu, anggota kelompok juga belajar dalam pemasaran. Perlahan namun pasti, kelompok ini terus berbenah untuk lebih baik lagi.

Tidak lupa juga anggota kelompok ini dalam berbagai pertemuan di desa ikut menyampaikan pesan-pesan konservasi kepada warga, agar ikut menjaga dan melindungi kawasan konservasi khususnya Suaka Margasatwa (SM) Barumun. Kelompok ini akan terus dimonitor dan menjadi target pendampingan serta pembinaan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah VI Sipirok.

Sumber : Parta Basmely - Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini