Menuju Masyarakat Sekitar SM Tasik Tanjung Padang Sejahtera

Selasa, 08 November 2022

Pekanbaru, 7 November 2022 - Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Rencana Pemberdayaan Masyarakat (RPM) di Sekitar Kawasan Konservasi Suaka Margasatwa (SM) Tasik Tanjung Padang Tahun 2022-2026 digelar Balai Besar KSDA Riau, Kamis (3/11) di Aula Kantor Kec. Tasik Putri Puyu, Kab. Kep. Meranti. Penandatanganan Berita Acara Hasil Konsultasi Publik menghasilkan rumusan bahwa draft Rencana Pemberdayaan Masyarakat telah disosialisasikan dan dapat dipahami secara bersama serta para pihak mendukung Rencana Pemberdayaan Masyarakat di sekitar kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM) Tasik Tanjung Padang.

Lebih lanjut diperlukan sinkronisasi program pemberdayaan masyarakat antara instansi pemerintah pusat dengan pemerintah desa seperti pembentukan kelompok untuk setiap desa target terdiri dari satu kelompok dengan jumlah anggota minimal 15 orang per kelompok, perlu adanya solusi nyata agar kegiatan ilegal logging di SM Tasik Tanjung Padang dapat dikurangi, perlunya pembentukan dan pendampingan serta kepedulian kepada Masyatakat Peduli Api (MPA) agar kebakaran lahan dan hutan dapat dicegah, dan diperlukan pelatihan serta pengembangan kapasitas terhadap kelompok yang akan dibentuk. Untuk kegiatan pemulihan ekosistem lingkungan, Desa Tanjung Padang dan Desa Dedap diharapkan membangun kerjasama dengan pemerintah. Dukungan pemasaran hasil dari kelompok masyarakat juga perlu ditingkatkan agar produk yang dihasilkan memberikan manfaat, juga perlu diperjelas batas kawasan SM Tasik Tanjung Padang di lapangan dan disosialisasikan kepada pemerintah desa/masyarakat serta perlunya dibentuk Masyarakat Mitra Polhut (MMP) di desa target yang berbatasan dengan SM Tasik Tanjung Padang.

Sebagai informasi, konsultasi publik di buka oleh Kepala Balai Besar KSDA Riau yang diwakili Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan dan turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Kep. Meranti, Camat Tasik Putri Puyu, Kepala Desa Tanjung Padang, Kepala Desa Dedap, Kepala Desa Mekar Delima, Kepala Desa Puti Puyu, LPM Desa Tanjung Padang, LPM Desa Dedap, LPM Desa Mekar Delima, LPM Desa Puti Puyu dan tokoh masyarakat.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini