Menggunakan METT Bersama Stakeholder Balai TN Taka Bonerate

Kamis, 03 November 2022

Benteng, 1 November 2022 - Balai Taman Nasional (TN) Taka Bonerate melaksanakan Penilaian Efektivitas Pengelolaan Taman Nasional Taka Bonerate Tahun 2022 dengan metode METT (Management Effectiveness Tracking Tool) , Senin (31/10/2022) di Tinabo Room, Reyhan Hotel and Square.

Sesi penilaian efektivitas pengelolaan TN Taka Bonerate di pandu fasilitator METT, Asep Pranajaya, S.Pi., yang diawali dengan pengenalan dan penjelasan mengenai instrumen METT yang digunakan. Kemudian, dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap setiap elemen/aspek penilaian efektivitas pengelolaan. Hasil dari penilaian ini kemudian akan di verifikasi kembali oleh Direktorat Pengelolaan Kawasan Konservasi, Ditjen Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem.

Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Faat Rudhianto, S.Hut., M.Si., memberikan sedikit gambaran tentang pengelolaan dan kondisi TN Taka Bonerate dalam 3 tahun terakhir.

"TN Taka Bonerate memiliki mandatori pengelolaan yaitu terumbu karang, penyu hijau, kima raksasa, dan siput triton. Jika kita evaluasi dalam 3 tahun terakhir berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Balai TN Taka Bonerate maupun mitra WCS-IP terjadi peningkatan tutupan karang keras dibanding data tahun 2019, untuk penyu hijau semakin sering terjadi perjumpaan baik di lokasi peneluran maupun di perairan. Sedangkan untuk siput triton, keberadaannya telah diinventarisasi pada tahun 2018 dan keberadaannya sampai saat ini masih sering terlihat ketika saya melakukan penyelaman di berbagai spot dive di TN Taka Bonerate. Tren positif yang telah dicapai harus terus ditingkatkan. Jjika ada kekurangan maka kami akan terus lakukan perbaikan" ujar Kepala Balai. Lebih lanjut, Kepala Balai menyampaikan bahwa keterlibatan stakeholder dalam proses penilaian dimaksudkan agar penilaian menjadi lebih objektif, dan mendapatkan saran tindak lanjut untuk perbaikan pengelolaan ke depannya.

Selain sesi peniliaian, peserta mendapatkan paparan materi yang disampaikan oleh akademisi Universitas Hasanuddin yaitu Prof. Ngakan Putu Oka, dari Fakultas Kehutanan dan Prof. Najamuddin dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan yang dimoderatori langsung oleh Kepala Balai TN Taka Bonerate. Prof. Ngakan Putu Oka menyampaikan materi mengenai Penguatan Konservasi Keanekaragaman Hayati TN Taka Bonerate melalui Penguatan Kelembagaan. Sedangkan Prof. Najamuddin menyampaikan materi mengenai Aktivitas Perikanan Berkelanjutan di Kawasan TN Taka Bonerate. Selama sesi ini juga dilakukan tanya jawab seputar materi dan kaitannya dengan pengelolaan TN Taka Bonerate. 

Kegiatan ini turut dihadiri petugas resort Balai TN Taka Bonerate serta stakeholder terkait antara lain perwakilan pemerintah daerah, Polsek Taka Bonerate, HPI, perangkat desa dalam kawasan, serta perwakilan kelompok dan tokoh masyarakat. Selain itu juga hadir akademisi dari Fakultas Kehutanan Unhas dan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas, serta mitra NGO (WCS-IP).  

Sumber : Khoirul Anam dan Asep Pranajaya – Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Foto: Humas Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini