Cegah Konflik Satwa Dengan Bimtek

Rabu, 02 November 2022

Pekanbaru, 31 Oktober 2022 - Kepala Seksi Konservasi (SKW) I, Balai Besar KSDA Riau, Sugito hadir sebagai narasumber dalam Bimbingan Tehknis Perlindungan dan Pecegahan Konflik antara Manusia dan Satwa Liar di Kab. Indragiri Hilir (Inhil), Kamis (27/10) di kantor Bupati  dan Kantor DPKP Kab. Indragiri Hilir. Kegiatan merupakan inisiasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Indragiri Hilir dan merupakan upaya DPKP dalam menindaklanjuti kesepakatan bersama dengan Balai Besar KSDA Riau dalam Penanganan Konflik Manusia dan Satwa Liar di Inhil.

Bimtek ini memberikan pemahaman kepada komunitas tindak antisipasi satwa liar dalam perlindungan dan pencegahan terhadap konflik antara manusia dan satwa liar; meningkatkan kapasitas personil komunitas tindakan antisipasi satwa liar dalam melakukan memberikan sosialisasi edukasi kepada masyarakat; dan mewujudkan misi pembangunan daerah bupati dan wakil bupati indragi Hilir 2018 sampai dengan 2023 yaitu misi ke-6 mantapkan keamanan ketertiban dan ketentraman kehidupan sosial.

Balai Besar KSDA Riau sangat mengapresiasi kegiatan Pemda Inhil (DPKP) yang telah berinisiatif memberdayakan masyarakat untuk aktif terlibat dalam upaya perlindungan dan pencegahan konflik manusia dan satwa liar dengan membentuk tim/komunitas Tindakan Antisipasi Satwa Liar (TAS TIARA) di 6 Desa dalam 5 kecamatan di Inhil. Desa tersebut adalah Masyarakat Komunitas Antisipasi  Satwa  Liar  yang diberdayakan oleh DPKP Kab. Inhil tersebut adalah Desa Sungai Piyai Kec. Kuindra, Desa Sungai Ara, Kec. Kempas, Desa Pulau Indah, Kec. Kempas, Desa Bagan Jaya, Kec. Enok, Desa Takulai Bugis, Kec. Tanah Merah dan Desa Sialang Panjang, Kec. Tembilahan Hulu.

Balai Besar KSDA Riau dan DPKP Inhil akan terus berkoordinasi memberikan bimbingan dalam kelancaran program tersebut. Semoga langkah yang dilakukan Pemerintah Kab.Inhil dapat diikuti Kabupaten lain untuk pemahaman kepada masyarakatnya tentang tindak antisipasi satwa liar.

Kegiatan Bimtek turut dihadiri Wakil Bupati Kab. Inhil, Kepala DPKP,  Kepala Dinas LHK, Kepala Dinas Sosial, BPBD, Basarnas, Camat lingkup Inhil, Kades lingkup Inhil, masyarakat Komunitas Antisipasi Konflik Satwa liar dari 6 Desa dalam 5 Kecamatan di Kab. Inhil.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini