Sinkronisasi dan Humanis Untuk RPJP SM Balai Raja

Rabu, 02 November 2022

Pekanbaru, 31 Oktober 2022 - Balai Besar KSDA Riau bersama para pihak melaksanakan pembahasan dokumen Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja, di Hotel Grand Zuri Duri Kab. Bengkalis, Kamis (27/10).

Berangkat dari kondisi aktual SM Balai Raja serta mempertimbangkan mandat pengelolaan kawasan, maka dalam rancangan dirumuskan arah pengelolaan SM Balai Raja dalam jangka waktu 10 tahun kedepan dengan menetapkan visi pengelolaannya yakni SM BALAI RAJA LAYAK HABITAT GAJAH SUMATERA. Dalam mewujudkan visi tersebut di tetapkan dengan mendorong fungsi dan  perbaikan habitat melalui peningkatan kualitas tutupan lahan dan penguatan data potensi dan permasalahan kawasan serta membangun sinergitas multipihak pengelolaan kawasan.

Tanggapan para peserta sangat beragam dengan harapan bahwa upaya mendorong visi senantiasa selalu ada sinkronisasi dengan program pembangunan daerah dan mengedepankan aspek humanis senantiasa diucapkan dari beberapa kepala desa. Dalam diskusi dan masukan para peserta konsultasi publik secara aktif menyampaikan masukan terutama terhadap program program kerja yang akan menjadi bagian dari rencana aksi dari dokumen RPJP ini.

Sebagai informasi, Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman S Hasibuan, memberikan sambutan dan arahan serta dari Bappeda Kab. Kampar dan akademisi UNRI memberikan paparan. Kegitan turut dihadiri Bappeda Kab. Bengkalis, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bengkalis, Dinas Perkebunan Kab. Bengkalis, Camat Pinggir, Camat Bathi Solapan, Kades Pinggir, Kades Balai Raja, Kades Titian Antui, Kades Buluh Apo, Kades Tengganau, Kades Sungai Meranti, Kades Pangkalan Libut, UNRI,  LSM Hipam, LSM RSF, PT Pertamina Hulu Rokan, PT Kojo, PT Hutama Karya dan beberapa tokoh masyarakat.

Acara ditutup dengan penyusunan berita acara konsultasi publik yang ditanda tanganani bersama.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini