Bahu Membahu Cegah Bencana Besowo

Selasa, 01 November 2022

Kediri, 30 Oktober 2020. Minggu pagi yang cerah diakhir bulan Oktober, para relawan dari berbagai elemen nglurug Balai Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Minggu (30/10). Tak hanya relawan, turut hadir menyemarakkan suasana tim BPBD dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Kediri, Muspika Kecamatan Kepung, tim KPH Kediri, Kepala Desa beserta perangkat Desa Besowo serta tim Seksi Konservasi Wilayah I Kediri.

Mereka berkumpul memenuhi seruan Ketua FPRB untuk satu tujuan, mitigasi bencana tanah longsor dan banjir di sekitar hutan lindung, sebelah utara Cagar Alam Besowo Gadungan. Dengan semangat, komitmen dan dukungan berbagai elemen relawan maupun instansi terkait, mitigasi dilakukan dengan penanaman di lokasi yang pernah diterjang banjir dan tanah longsor pada tahun 2020 dan 2021 lalu. Harapannya dapat mengurangi resiko bencana banjir dan tanah longsor dimasa yang akan datang.

Setelah sesi apel singkat di halaman Balai Desa Besowo, rombongan segera bergegas menuju lokasi dengan berbekal cangkul, sabit dan peralatan lain, serta bibit tanaman seperti Beringin (Ficus benjamina), Dolar (Ficus microcarpa), Pule (Alstonia scholaris), Aren (Arenga pinnata). Meskipun medan sulit dan terjal, sama sekali tidak menyurutkan semangat relawan. Pada lahan yang curam, diterjunkan tim khusus dengan peralatan dan perlengkapan keselamatan yang memadai.

Untuk menjamin keberhasilan penanaman, relawan akan melaksanakan kegiatan pemeliharaan dan penyulaman terhadap bibit tanaman yang telah ditanam. Berbekal semangat, komitmen dan kerjasama yang baik, upaya tidak kenal lelah, diharapkan mitigasi bencana banjir dan tanah longsor di sekitar Besowo dapat diminimalisir.

Sumber : Siti Nurlaili - PEH Muda/Kepala RKW 03 CA Manggis Besowo Gadungan Balai Besar KSDA Jawa Timur

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini