Memantau Pemulihan Ekosistem di Dua Suaka Margasatwa

Rabu, 12 Oktober 2022

Pekanbaru, 12 Oktober 2022 - Resort Bukit Rimbang, Balai Besar KSDA Riau, yang dipimpin Kepala Resort, Ahmad Fitriansyah melakukan kegiatan Pemulihan Ekosistem (PE) di Suaka Margasatwa (SM) Bukit Rimbang Bukit Baling (BRBB), tepatnya di Desa Petai, Kec Singingi Hilir, Kab. Kuansing, Kamis (6/10).

Tim melakukan pengecekan kondisi tanaman pohon pada lokasi pemulihan ekosistem yang ditanam pada tahun 2021, dengan hasil beberapa tanaman ada yang mati dan perlu dilakukan penyulaman. Diketahui tanaman pohon jenis pulai memiliki tingkat hidup yang tinggi, jadi Tim mengontrol Kelompok Tani Hutan (KTH) Koto Pingai Mandiri untuk melakukan perawatan dan penyulaman tanaman pohon yang mati agar setiap tahapan sesuai dengan rencana kerja.

Sedangkan pada kawasan SM Kerumutan tepatnya di Kel. Teluk Meranti, Kec. Teluk Meranti, Kab. Pelalawan, pada Sabtu hingga Senin, 7 s.d 10 Oktober 2022, Tim Balai Besar KSDA Riau bersama BRGM melakukan pendampingan verifikasi pembangunan fisik revegetasi dan berdiskusi dengan pokmas tentang sejauh mana kegiatan penanaman sudah dilakukan.

Hasil pendampingan diketahui bahwa pada penanaman tahap 1 (tahap 60%) telah dilakukan Pokmas sebanyak 170 jalur dari total 175 jalur yang dibuat. Dua jalur belum ditanami karena air gambut meluap ke jalur, sedangkan tiga jalur lainnya bibit belum lengkap di tanam pada lubang tanam yang disediakan. Bibit yang telah ditanam adalah bibit tanaman endemik yaitu Jelutung, Meranti, Pulai.

Bibit yang akan ditanam selanjutnya pada pekerjaan tahap 2 (40%)  adalah bibit MPTS seperti Matoa, Kemiri, Rambutan, Pinang.  Kondisi bibit relatif baik dan segar. Rencananya akan ditanam setelah pembuatan jalur dan lubang tanam tahap 2 sudah berjalan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini