PLN Realisasikan PKS di Tahun Pertama

Senin, 17 Oktober 2022

Salah satu trafo yang dibangun di Desa Torganda

Torganda, 17 Oktober 2022. Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang dipimpin Kepala Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, Gunawan Alza, S.Hut., melakukan monitoring hasil pelaksanaan kegiatan kerjasama tahun pertama dengan PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara di Desa Torganda, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, pada Jumat, 7 Oktober 2022 untuk mengetahui sejauhmana perkembangan (realisasi) dari PKS tersebut, khususnya mengacu kepada Rencana Kegiatan Tahun (RKT) I.

Sebelumnya antara Balai Besar KSDA Sumatera Utara dengan PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara telah sepakat untuk melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang tertuang dalam surat Nomor : PKS.3501/K.3/TU/PK/7/2021 dan Nomor : 0076.PJ/SDM.08.04/C08000000/2021 tanggal 26 Juli 2022 tentang Pembangunan Strategis Yang Tidak Dapat Dielakkan Berupa Pembangunan Jaringan Listrik Hantaran Udara Tegangan Menengah dan Hantaran Udara Tegangan Rendah di Dusun Sumber Sari I dan Dusun Sumber Sari II Desa Torganda Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan di Taman Wisata Alam Holiday Resort.

Hasil dari monitoring diletahui bahwa PLN telah merealisasikan pemasangan tiang listrik beton yang terdiri dari tiang listrik 9 meter sebanyak 67 batang dan tiang listrik 12 meter sebanyak 103 batang. Selain itu, juga telah direalisasikan pembangunan jaringan hantaran udara tegangan menengah (HUTM) sepanjang 4,98 kms, jaringan hantaran udara tegangan rendah (HUTR) khusus sepanjang 3,148 kms dan jaringan hantaran udara tegangan rendah (HUTR) numpang sepanjang 4,350 kms. Dan untuk pemasangan trafo sudah direalisasikan sebanyak 4 unit.

Kepala Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan didampingi Kepala Sub Bagian Program dan Kerjasama menyerahkan bantuan kepada Kelompok Tani Sumber Jaya Berseri, disaksikan Spv. Perencanaan Sistem PLN UP3 Rantau Prapat 

Disamping pembangunan jaringan listrik, PLN juga memberikan /menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat melalui Kelompok Tani Sumber Jaya Berseri sebesar Rp. 15 juta untuk pembuatan kolam ikan gurami, kolam ikan lele jumbo, kolam ikan lele serta pengadaan bibit ikan gurame, lele jumbo dan lele.

Dan terakhir, dukungan serta bantuan terhadap pihak pengelola kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Holiday Resort, diwujudkan dalam bentuk pemeliharaan visitor center, maupun pengadaan beberapa sarana prasarana untuk TWA Holiday Resort berupa : tendon air, speaker bluetooth dan TV Samsung 32 inci.

Pemeliharaan visitor center TWA Holiday Resort

Sumber : Evansus Renandi Manalu – Analis Data Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini