Berkolaborasi Kerja Nyata Dengan Generasi Muda Rimbawan

Jumat, 14 Oktober 2022

Martelu Purba, 14 Oktober 2022. Bicara tentang perguruan tinggi pasti tak lepas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian Kepada Masyarakat. Ketiganya menjadi poin penting dalam mewujudkan visi dari perguruan tinggi.

Dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi ini, sebanyak 19 orang mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan program Magang Bersertifikat, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Balai Besar KSDA Sumatera Utara, khususnya di wilayah kerja Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Universitas Sumatera Utara Nomor : PKS.6/SETJEN/ROCAN/SET.1/5/2022 tanggal 18 Mei 2022 tentang Pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi Dalam Pembangunan Lingkungan Hidup.

Kehadiran 19 orang mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) ini disambut Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar, Seno Pramudito, S. Hut., M.E. dan Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, Alfianto Luat Siregar, S.Hut., M.T., M.PP. pada Rabu, 12 Oktober 2022, dengan memberi pembekalan informasi awal tentang tugas pokok dan fungsi Balai Besar KSDA Sumatera Utara  serta pengenalan kawasan di wilayah kerja Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar.

Keesokan harinya, Kamis 13 Oktober 2022, peserta magang didampingi Kepala Resort Cagar Alam (CA) Martelu Purba melakukan orientasi lapangan  dan beraudiensi dengan Lurah Kelurahan Tigarunggu serta Camat Purba. Usai audiensi, bertempat di kantor Resort CA Martelu Purba dilakukan diskusi pelaksanaan kegiatan sensus pohon yang dimulai dengan pembuatan tally sheet, pelatihan menggunakan hagameter, labeling dan pembagian tim sensus.

Peserta magang orientasi lapangan di kawasan CA. Martelu Purba

Kegiatan magang ini masih terus berlanjut, diharapkan peserta mendapatkan pengetahuan dan pengalaman sebagai bekal untuk menjalani proses pendidikan di kampus nantinya usai mengikuti magang. Resort CA. Martelu Purba siap untuk mensukseskan program Magang Bersertifikat, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Sumber : Gibran Muhammad Tri Rahmawan, S.Si. - PEH dan  Yustiil Fazri – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini