Posko Mitigasi Konflik Gajah dan Manusia

Selasa, 11 Oktober 2022

Pekanbaru, 10 Oktober 2022 - Mitigasi konflik gajah di Desa Gondai, Kec. Langgam, Kab. Pelalawan dilakukan secara gabungan oleh Tim Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I - Bidang Wilayah I Balai Besar KSDA Riau, Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (YTNTN), perangkat Desa dan masyarakat Gondai pada Selasa hingga Kamis, 27 s.d 29 September 2022.

Koordinasi dilakukan dengan Kades Gondai untuk pengecekan jejak terakhir gajah  di HTI PT. NPM untuk dilakukan upaya penggiringan ke arah Taman Nasional Tesso Nilo.Tim gabungan juga melakukan blokade bersama masyarakat dengan api unggun agar gajah tidak mengarah ke kebun warga.

Keesokan harinya, Tim bersama masyarakat melakukan rapat di aula kantor Desa dipimpin Kades Gondai. Dan disampaikan bahwa Desa Gondai termasuk daerah perlintasan gajah sumatera, sehingga  disarankan agar dibentuk Tim atau kelompok masyarakat untuk mitigasi konflik gajah. Terpantau titik gajah terakhir mengarah ke sungai Nilo.

Pembuatan posko penanganan konflik gajah akan dilakukan dan Kades berharap Tim yang dibentuk nantinya agar diberi pelatihan oleh Balai Besar KSDA Riau dan YTNTN.  

Tim menghimbau agar warga selalu berkoordinasi dengan pihak Balai Besar KSDA Riau atau YTNTN terkait konflik gajah. Tim juga terus berupaya memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga agar situasi di lapangan tetap kondusif dan permasalahan cepat teratasi.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini