Kelompok Kemitraan Konservasi Banua Sio Belajar Pengolahan Ikan

Kamis, 06 Oktober 2022

Tanjung Lasa, 4 Oktober 2022. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) melakukan Pembinaan Kelompok Kemitraan Konservasi Banua Sio di Desa Tanjung Lasa wilayah kerja Resort Nanga Potan. Kelompok masyarakat Desa Tanjung Lasa mendapatkan akses kelola sumber daya alam dari dalam kawasan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) melalui skema kemitraan konservasi.

Narasumber dari Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Aries Nur Sejati, A.Md selaku Analis Pasar Hasil Perikanan pada Dinas Perikanan didatangkan dengan materi tentang pengolahan ikan pasca panen dan diverifikasi produk olahan ikan disampaikan seperti abon ikan, nugget ikan, sosis ikan, spring roll. Kegiatan ini dilakukan secara simultan untuk meningkatkan kapasitas kelompok dalam kelola usaha dan kelola kelembagaan kelompok.

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah I Mataso, Junaidi, S.Hut., M.Si., mengatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan bagi kelompok. Materi yang disampaikan diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru bagi kelompok. Harapannya kelompok dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan produk yang nyata.”

Kepala Seksi PTN Wilayah II Tanjung Kerja, Wahyu Setiyakusumo,SP., turut menambahkan, “Ketika bicara mencari ikan, bukan hal yang baru, namun ketika bicara produk masyarakat belum mengembangkan produk perikanan”.

Potensi sumber daya perairan yang melimpah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat jika diimbangi dengan pengetahuan dan keterampilan masyarakat. Kerjasama dari masyarakat dengan Balai Besar TaNa Bentarum sangat diperlukan untuk bahu membahu menjaga kawasan taman nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan begitu tujuan dari kerjasama dalam kemitraan konservasi dapat terwujud.

Peserta pembinaan meliputi anggota Kelompok Kemitraan KonservasI Banua Sio, anggota kelompok rumah produksi Kasturi  Bersatu Desa Tanjung Lasa, kawasan penyangga TNBK dan turut dihadiri oleh Sekretaris Desa Tanjung Lasa, Paulus, S.Pd. yang menyampaikan, “Terima kasih karena pihak Balai Besar TaNa Bentarum telah memberikan kesempatan bagi kelompok untuk terus meningkatkan kapasitasnya, yang kedepannya dapat membantu dalam pengembangan Desa Tanjung Lasa menjadi desa maju sesuai dengan IDM”.

Proses Praktik Pembuatan Produk Nugget Ikan

Selain menerima materi, peserta juga melakukan praktek dalam pembuatan nugget ikan. Damianus Liyah sebagai Ketua Kelompok mengatakan, “Kegiatan ini sangat bermanfaat dan membuka wawasan kami dalam pengembangan hasil perikanan dari kegiatan kemitraan konservasi”.

Pengolahan produk menjadi penting dalam upaya meningkatkan nilai jual hasil perolehan ikan dalam pemanfaatan sumber daya perairan terbatas (jenis yang tidak dilindungi) di area kemitraan konservasi DAS Sibau Kawasan Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum. 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini