Balai TN Tesso Nilo Ajak Masyarakat Mengenal Kemitraan Konservasi

Selasa, 04 Oktober 2022

Ukui, 3 Oktober 2022. Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) menghelat sosialisasi pengelolaan TN Tesso Nilo guna penyelamatan hutan alam dan upaya kemitraan konservasi masyarakat sekitar TN Tesso Nilo. Sosialisasi digelar di kantor Kecamatan Ukui, Pelalawan, Kamis (29/9).

Pada sosialisasi ini perwakilan desa - desa yang turut hadir menyampaikan komitmen untuk mendukung program dari Balai TN Tesso Nilo untuk mempertahankan hutan alam  seluas sekitar 13.000 Ha.

Narasumber menyampaikan mekanisme penyelesaian kegiatan terbangun dalam kawasan hutan konservasi melalui mekanisme Undang-Undang Cipta Kerja dan mekanisme pelaksanaan kemitraan konvservasi dalam rangka pemulihan ekosistem.

Masyarakat dengan persyaratan tertentu menyepakati perjanjian kerjasama dengan Balai TN Tesso Nilo untuk melaksanakan penanaman kawasan terbuka TN Tesso Nilo dengan tanaman hutan/kehidupan seperti jengkol,durian, petai, manggis, kemiri, alpukat, matoa, pinang, tampui, dan aren. Penanaman dilakukan dengan metode heterokultur (dalam satu lokasi ditanam semua jenis).

Kepala Balai TN Tesso Nilo juga mengajak seluruh unsur dan tokoh masyarakat yang hadir untuk menyamakan persepsi terkait program-program penyelamatan hutan yang nantinya akan dilakukan secara bersama-sama. Selain itu, ajakan Kepala Balai juga untuk menjaga keutuhan hutan alam TN Tesso Nilo, dan menjadi agen penyebaran informasi kepada masyarakat-masyarakat lainnya untuk tidak melakukan aktifitas-aktifitas yang melanggar hukum dan undang-undang di dalam kawasan TN Tesso Nilo.

Sosialisasi ini turut dihadiri Camat Ukui, Kabag Ops Polres Pelalawan, Kapolsek Ukui, Danramil Pangkalan Kuras, Kepala Desa Air Hitam, Kepala Desa Bagan Limau dan Kepala Desa Lubuk Kembang Bunga serta masyarakat tokoh adat maupun bathin desa sekitar kawasan. Kepala Balai TN Tesso Nilo Bapak Heru Sutmantoro, S.Hut, M.M, memimpin sosialisasi sekaligus menjadi nara sumber bersama Anggota DPRD Bapak Sunardi, S.H dan Bapak Parji, Kapolsek Ukui Bapak Tatit Rizkyan, serta Kabag Ops Polres Bapak Kompol Lagomo A. Md.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini