Patroli Bersama Amankan CA Pulau Berkey

Selasa, 04 Oktober 2022

Pekanbaru, 3 Oktober 2022 - Staf Seksi Konservasi Wilayah (SKW) IV, Resort Dumai Balai Besar KSDA Riau, petugas KPH Dumai dan Bagan Siapi-api secara bersama sama melakukan patroli pengamanan Cagar Alam (CA) Pulau Berkey, Kec. Bangko, Kab. Rokan Hilir, Rabu (14/9).

Patroli pengamanan ini berdasarkan adanya informasi pembukaan lahan di kawasan konservasi tersebut dan ditemukan adanya tanda batas patok/klaim kawasan mengunakan cat pilok di beberapa titik. Diduga patok tersebut dilakukan oleh kelompok masyarakat dan sudah sampai masuk ke dalam kawasan. Selain itu, Tim juga menemukan adanya tanda batas dengan ukuran rintisan, pancang kayu dan tanaman kelapa sebagai tanda di beberapa titik namun tidak  ditemukan adanya aktifitas masyarakat di lokasi tersebut.

Berdasarkan laporan, beredar informasi di masyarakat adanya lahan APL yang berbatasan dengan kawasan CA Pulau Berkey, kemudian beberapa kelompok masyarakat  dari Kec. Bangko yaitu Kel. Bagan Barat,  Bagan Punak Meranti dan Serusa menandai lokasi tersebut untuk diklaim. Tim juga menemukan beberapa rel illegal logging namun tidak ada aktifitas baru di lokasi.

Semua temuan tersebut dilakukan perusakan, pencabutan tanda batas yang berada di dalam kawasan CA Pulau Berkey dan alat kegiatan illegal logging dimusnahkan.

Terakhir, petugas berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Bagan Barat agar mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak melakukan perambahan dan pengklaiman kawasan di CA Pulau Berkey. Jika masih dilakukan maka sanksi hukum akan diberlakukan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini