Masyarakat Sejahtera Melalui Silvofishery

Selasa, 04 Oktober 2022

Peningkatan kapasitas KTH melalui pelatihan silvofishery

Tanjung Pura, 30 September 2022. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) melakukan kegiatan Pelatihan Budidaya Perikanan dengan pola Silvofishery, Rabu (28/9)  yang didukung oleh KfW Bankengruppe Jerman. Pelatihan ditujukan kepada masyarakat Kelompok Tani Hutan (KTH) Harapan Indah, perwakilan KTH Tumbuh Subur, KTH Indah Bersama dan KTH Mangroves Sejatera yang diikuti sebanyak 30 orang di kantor Desa Karya Maju, 

Pelatihan silvofishery ini guna meningkatkan kapasitas masyarakat sekitar kawasan melalui budidaya ikan dengan teknik empang parit dengan memanfaatkan sungai/paluh di dalam kawasan tanpa merusak tutupan hutan. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari akademisi dan praktisi yaitu Dr. Meilinda Suriani (Yayasan Gajah Sumatera/dosen di Unimed) dan Agung Sugiarta, S.Sos. MMA, (Penyuluh Perikanan Lapangan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Langkat).

Berdasarkan tipologi areal kemitraan konservasi budidaya ikan jenis Nila Sultana dan Udang Galah. Budidaya kedua jenis ini hasilnya akan optimal apabila dikombinasikan dengan budidaya tanaman mangrove sebagai habitat dan tempat berpijah ikan dan udang dengan biaya operasional yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan pola intensif.

Peserta Pelatihan dan narasumber

Sumber : Ainy Amelya Utami, S.Hut., - Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini