Sinergitas Bersama Pangkalan TNI AL Banjarmasin Bahas Peredaran TSL

Rabu, 14 September 2022

Banjarmasin, 8 September 2022 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) melakukan koordinasi ke Pangkalan TNI AL di Banjarmasin terkait peredaran ilegal Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) dilindungi dan tidak dilindungi melalui jalur laut. Dalam pertemuan tersebut melalui Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin Kolonel Laut Herbiyantoko M. Tr. Hanla membahas terkait peredaran ilegal TSL sekaligus pemberian penghargaan atas dukungannya dalam upaya pencegahan peredaran ilegal TSL melalui jalur laut.

1-2022-09-13 at 11.55.08

Sebelumnya Balai KSDA Kalsel dan Pangkalan TNI AL Banjarmasin pernah bekerjasama dalam penangkapan pelaku dan penggagalan pengiriman/ penyelundupan burung berjumlah 1.324 ekor dari Kalsel menuju Jawa Timur, khususnya ke Pulau Madura. Maka dari itu menurut Dr. Ir. Mahrus Aryadi M. Sc selaku Kepala Balai, bahwa BKSDA Kalsel memerlukan sinergitas yang kuat dengan para pihak, salah satunya dengan meminta dukungan dari TNI AL dalam menghadapi permasalahan peredaran ilegal TSL dengan modus pengiriman/ penyelundupan melalui jalur laut. Hal ini disebabkan Provinsi Kalimantan Selatan memiliki jalur laut strategis dan terdapat beberapa pelabuhan kecil yang dapat terhubung langsung ke Pulau Jawa dan Sulawesi. Dengan adanya sinergitas yang kuat antara BKSDA Kalsel dan Pangkalan TNI AL Banjarmasin, upaya tersebut diharapkan dapat menekan dan mengurangi peredaran TSL ilegal di Kalsel.

3-2022-09-13 at 11.55.33

Penghargaan juga diberikan oleh Balai KSDA Kalsel kepada 5 orang dari Pangkalan TNI AL Banjarmasin yaitu Serka Bah Babang, Serka Ttg Didik Sudiarto, Mayor Laut (S) Jagar Verno Jhodi H., S.H., Serma Bek Mashuri, dan Peltu Sba Mulyadi. Penghargaan ini sebagai apresiasi dari KemenLHK kepada institusi ataupun perorangan yang telah mendukung upaya perlindungan dan pengawetan tumbuhan dan satwa liar. (ryn)

Sumber : R. Hafizh Muhardiansyah, A.Md - Polhut BKSDA Kalimantan Selatan

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini