Pantau Populasi Komodo di Resort Loh Wau

Senin, 12 September 2022

Labuan bajo, 29 Agustus 2022. Resort Loh Wau Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo memonitoring komodo dan satwa mangsanya untuk mendata populasi biawak komodo dan satwa mangsanya yang hidup di lembah Loh Wau setiap tahunnya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 7 hari yaitu pada tanggal 23-27 Agustus 2022.

Monitoring populasi biawak komodo (Varanus komodoensis) dilakukan dengan menggunakan metode site occupancy dengan alat bantu camera trap yang diletakan pada setiap  titik  lokasi  (koordinat)  yang  sudah  ditentukan.  Penggunaan  camera trap ini membantu mendeteksi kehadiran komodo pada tiap titik lokasi pemantauan. Di Lembah Loh Wau terdapat sembilan titik pemantauan yang mewakili kondisi lembah tersebut. Pengamatan dilakukan sebanyak enam sesi dimana setiap sesinya mewakili aktifitas satwa di pagi (06:00-12:00) dan sore (12:00-18:00) sehingga secara keseluruhan pengamatan dilakukan selama tiga hari berturut-turut. Selain data komodo pada kegiatan ini juga dilakukan pendataan satwa mangsa dan satwa lainnya dengan menggunakan aplikasi Cybertracker yang terintergrasi dengan SMART Patrol.

Hasil dari kegiatan tahunan ini diketahui bahwa seluruh camera trap berhasil menangkap kehadiran satwa komodo (Varanus komodoensis), dengan perjumpaan pada sesi yang berbeda-beda. Penampakan kehadiran satwa lainnya yaitu terdapat Rusa Timor (Rusa timorensis), Babi Hutan (Sus scrofa), Musang (Paradoxurus hermaphroditus), dan Ayam hutan (Gallus varius). Begitupun pengamatan langsung dengan menggunakan aplikasi Cybertracker diketahui satwa mangsa yang dijumpai secara langsung yaitu rusa timor dan babi hutan.

Resort Loh Wau secara mandiri telah menjalankan resort-based management (RBM) dengan melakukan kegiatan rutin tahunan secara mandiri baik monitoring komodo dan satwa lainnya dengan pendampingan dari tim Pengendali Ekosistem Hutan Balai Taman Nasional Komodo dan mitra Yayasan Komodo Survival Progam (KSP). Resort Loh Wau berharap agar upaya pengawetan dan perlindungan satwa komodo dan keanekaragaman hayati lainnya di kawasan Taman Nasional Komodo dapat dilaksanakan dengan lebih baik adaptif dan mampu memanfaatkan teknologi tepat guna yang tersedia.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Pemula - Valerianus Rahmat (+6285338721974)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678) dan Polisi Kehutanan Ahli Pertama Arif Ardianto Sofian, S.Si. (+6285713254775

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+62811-382-90000)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini