Kajian Ilmiah Perubahan Garis Pantai Longbeach TN Komodo

Senin, 12 September 2022

Labuan Bajo, 22 Agustus 2022. Mahasiswa magang dari Program Studi (Prodi) Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Ahmad Faiq Fashihul Umam melakukan kajian ilmiah mengenai perubahan garis pantai di beberapa titik wilayah pesisir pada Resort Padar Utara - Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo. Faiq berupaya untuk mengkaji dinamika perubahan garis pantai di Pantai Long Beach sebagai destinasi wisata alam yang perlu mendapatkan perhatian pengelolaan. Untuk mengetahui informasi mengenai hal tersebut, Faiq mengimplementasikan metode tracking garis pantai mulai dari pesisir Pantai Long Beach 1 hingga pesisir Pantai Long Beach 3. Hasil kajian ilmiah disimpulkan bahwa berdasarkan data tracking perubahan garis pantai di Long Beach didapatkan informasi potensi perubahan garis pantai berupa akresi maupun abrasi. Faiq perlu mengkaji kembali penyebab terjadinya abrasi maupun akresi pada Pantai Long Beach 1 hingga Pantai Long Beach 3. Namun sementara, temuan ilmiah ini dapat dimanfaatkan sebagai data awal penelitian oleh mahasiswa Ilmu Kelautan selanjutnya untuk kemudian hasilnya akan digunakan sebagai dasar pertimbangan pengambilan keputusan terkait kebijakan pengelolaan kawasan perairan di Taman Nasional Komodo.

Perubahan garis pantai yang diamati meliputi perubahan garis pantai yang disebabkan oleh abrasi atau akresi. Abrasi adalah pengikisan daratan di kawasan pantai akibat gelombang dan arus laut yang sifatnya destruktif atau merusak. Faiq berpendapat jika ancaman abrasi tidak ditangani dengan serius, maka dapat berpotensi mengikis bagian pantai dan air laut dapat membanjiri wilayah pesisir pantai tersebut. Sedangkan akresi diartikan sebagai sebuah proses sedimentasi yang terjadi di wilayah pesisir pantai menuju ke arah laut. Dampak dari akresi ini adalah terjadinya pendangkalan yang dapat mengganggu navigasi dan alur pelayaran di sekitar kawasan, utamanya Taman Nasional Komodo. Faiq melakukan penelusuran wilayah pesisir pantai dengan menggunakan alat bantu GPS Garmin 64s dan aplikasi SW Maps.

Pantai Longbeach merupakan salah satu destinasi wisata alam di Taman Nasional Komodo yang seringkali dikunjungi baik oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Keindahan pantainya terkenal karena warna pasir pantainya yang berwarna merah muda. 

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya - Ahmad Faiq Fashihul Umam (+6282232621554)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+62811-382-90000)

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 1

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini