Ekspedisi Konservasi Sisir Perairan Barat TN Komodo

Jumat, 09 September 2022

Labuan Bajo, 15 Agustus 2022. Resort Loh Wenci – Sape Balai Taman Nasional Komodo melaksanakan patroli keliling Pulau Komodo sebagai bagian dari ekspedisi konservasi untuk menambah informasi keanekaragaman hayati dalam kawasan Taman Nasional Komodo selama menjalankan tugas penjagaan resort rutin mulai dari tanggal 1 – 11 Agustus 2022. Personil yang terlibat dipimpin oleh Banu Widyanarko (Kepala Resort Loh Wenci - Sape) bersama dengan Asry dan Fatrah Wahyudi (Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Wenci – Sape) serta Sudarman (Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Liang).

Kepala Resort Loh Wenci – Sape bersama tim berhasil menyisir wilayah perairan pesisir barat Pulau Komodo. Titik awal penyisiran dimulai dari Resort Loh Wenci hingga mencapai Resort Loh Wau yang terletak di bagian selatan Pulau Komodo. Selama berkegiatan, Banu dan tim berkesempatan menjumpai enam unit perahu nelayan asal Kampung Komodo (Nusa Tenggara Timur) dan Sape (Nusa Tenggara Barat) yang sedang menangkap ikan di perairan Pulau Komodo. Tim bergegas menghampiri dan memeriksa setiap perahu nelayan yang dijumpai guna memastikan seluruh peralatan yang digunakan ramah lingkungan dan tidak menangkap jenis biota laut tertentu yang dilindungi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berdasarkan hasil pemeriksaan, tidak ditemukan adanya alat tangkap destruktif ataupun hasil tangkapan terlarang pada keenam kapal yang dijumpai. Sebagai penutup perjumpaan, tim turut mengedukasi nelayan agar melakukan aktivitas pada zona yang telah ditentukan dan mematuhi seluruh peraturan yang berlaku. Upaya sosialisasi oleh petugas mengenai aktivitas tangkap/pancing ikan sangatlah penting, karena hingga saat ini, petugas masih seringkali menjumpai nelayan yang menggunakan batu dan plastik sebagai salah satu alat pendukung pemancingan ikan yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan di lautan.

Selain menjumpai perahu nelayan, petugas juga menjumpai beberapa kapal wisata yang beraktivitas di beberapa lokasi selam sekitar perairan Pulau Komodo bagian utara dan selatan. Tim kemudian teliti memeriksa kelengkapan dokumen dan karcis kapal wisata yang dimiliki oleh setiap kapal. Setelah memeriksa kelengkapan dokumen, para jagawana juga mengarahkan seluruh kapal wisata yang dijumpai untuk tetap menjaga keamanan dan perlindungan kawasan Taman Nasional Komodo. Tim melanjutkan kembali perjalanan ke arah selatan dan tiba di Resort Loh Wau SPTN Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo.

Jagawana mengunjungi salah satu kapal wisata guna memeriksa kelengkapan dokumen dan memberikan arahan untuk tetap menjaga kawasan Taman Nasional Komodo

Kegiatan patroli tingkat resort ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh jagawana selama menjalankan tugas rutin penjagaan resort setiap 10 hari sebelum kembali bertugas di Labuan Bajo selama 10 hari kedepan. Balai Taman Nasional Komodo menyebut kegiatan ini sebagai aktivitas ‘rolling’ yang wajib dilaksanakan oleh seluruh personil yang ditempatkan di tingkat tapak. Petugas Balai Taman Nasional Komodo berharap dengan intensifnya pelaksanaan upaya perlindungan dan penjagaan kawasan Taman Nasional Komodo, publik dapat lebih memahami bentuk pekerjaan yang dilakukan oleh seorang jagawana yang rela mengabdi mempertaruhkan nyawa demi konservasi dan lestarinya ekosistem di alam.

Sebagai informasi, kegiatan patroli merupakan salah satu bentuk tugas rutin yang harus dilakukan oleh setiap personil yang bekerja di tingkat tapak selama periode penjagaan resort berlangsung. Kegiatan ini tidak hanya menitikberatkan pada upaya perlindungan dan pengamanan hutan, namun juga dimanfaatkan untuk melakukan pendataan flora dan fauna serta aktivitas sosial masyarakat baik yang dijumpai pada wilayah daratan dan perairan dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Polisi Kehutanan Ahli Pertama - Banu Widyanarko, S.Si (+628569891069)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+62811-382-90000)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini