Menyatukan Wawasan Teknologi dan Pariwisata Berbasis Masyarakat

Jumat, 09 September 2022

Labuan Bajo, 10 Agustus 2022. Mahasiswa Universitas Gajah Mada melakukan presentasi di Balai Taman Nasional Komodo terkait Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Komodo 2022. Sebanyak 30 orang mahasiswa dari empat fakultas yang tergabung dalam KKN PPM Komodo 2022 Universitas Gajah Mada menghadiri kegiatan presentasi melalui zoom meeting pada tanggal 10 Agustus 2022. Kegiatan presentasi daring ini turut dihadiri oleh jajaran pimpinan dan staf lingkup Balai Taman Nasional Komodo serta seluruh mahasiswa magang dan penelitian di Balai Taman Nasional Komodo.

Pelaksanaan KKN-PPM ini untuk menumbuhkembangkan empati dan kepedulian civitas akademika UGM terhadap berbagai permasalahan yang riil dihadapi masyarakat serta pembangunan berkelanjutan yang diperlukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Pada kesempatan kali ini, mahasiswa Universitas Gajah Mada melaksanakan KKN PPM di Zona Permukiman Balai Taman Nasional Komodo, tepatnya di Desa Papagarang – Pulau Papagarang dan Desa Pasir Panjang – Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Penekanan nilai dari kegiatan ini bagi mahasiswa diantaranya: empowering others, sustainability, dan community – based, yang memiliki maksud untuk mengoptimalisasi sektor pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat yang berwawasan teknologi dan lingkungan sebagai pembangunan desa yang mandiri dan berkelajutan. Selain itu, KKN-PPM ini untuk mendukung pengembangan infrastruktur desa dalam aspek kebutuhan dasar sebagai upaya peningkatan taraf kehidupan masyarakat serta optimalisasi kualitas produk lokal sebagai upaya peningkatan daya jual.

Koordinator mahasiswa tingkat unit KKN PPM Komodo 2022 mengawali presentasi hasil kegiatan KKN- PPM Komodo 2022 dan dilanjutkan dengan pemaparan seluruh peserta KKN lainnya dimana masing- masing mahasiswa memaparkan 3 program berbeda satu dengan yang lain yang telah mereka laksanakan selama kegiatan KKN berlangsung. Mahasiswa memaparkan setiap program yang telah dilaksanakan dan menjelaskan latar belakang, output, dan kendala yang dihadapi saat melaksanakan program di kedua desa. Menanggapi paparan mahasiswa, Balai Taman Nasional Komodo memberikan berbagai saran dan masukan penyempurnaan untuk setiap program mahasiswa KKN-PPM. Balai Taman Nasional Komodo berharap agar kegiatan KKN perlu menekankan pentingnya memberikan kontribusi tidak hanya bagi masyarakat desa di dalam kawasan, namun kepada pengelolaan bidang lainnya secara langsung.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Mahasiswa Jurusan Kepariwisataan - Politeknik Pariwisata NHI Bandung - Yudha Pamungkas (+62082210465828)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+62811-382-90000)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini