BBTN Gunung Leuser Bekali Kelompok Masyrakat Sekitar Kawasan

Jumat, 09 September 2022

Tapaktuan, 8 September 2022. Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Tapaktuan (BPTN Wil. I) Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser menggelar kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat Sekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser pada Rabu (8/9/2022) pagi di ruang Aula Hotel Chaterine, Tapaktuan, Kabupatan Aceh Selatan, Aceh. Pelatihan yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 8 - 10 September 2022 akan diisi dengan penyampaian materi atau pembekalan dan nantinya akan berakhir dengan praktek lapangan. Sebanyak 30 orang hadir sebagai peserta yang merupakan kelompok masyarakat (pelaku usaha kecil rumahan) dari 5 desa dampingan Taman Nasional Gunung Leuser  lingkup SPTN Wilayah II Kluet Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Mukhsin, ST, saat membuka acara menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser atas upaya yang sudah dilakukan selama ini dalam mengiinisiasi masyarakat untuk bangkit melalui sektor usaha ekonomi kreatif pungkasnya. 

Narasumber atau pemateri pelatihan diantaranya Enterpreneur/ Owner Portugis Coffee & Roastery, Enterpreneur/ Owner Mestika Pala Aceh Selatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Disperindagkop dan UKM serta Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser. Turut hadir dalam acara yaitu Kadis Pariwisata Aceh Selatan, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kadis Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, Camat Kluet Timur, Camat Kluet Selatan, Camat Bakongan dan Camat Kota Bahagia, Ka. Desa Pucuk Lembang, Ka. Pasie Lembang, Ka. Desa Indra Damai, Ka. Desa Ujung Mangki dan Ka. Desa Seuneubok Keuranji.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Kegiatan, Teuku Irmansyah, S.Hut, mengatakan, "Agar kelompok masyakat yang sudah dibentuk kedepannya dapat memperkuat kelembagaan dengan baik dan dalam proses menghasilkan produk unggulan diharafkan dapat menyajikan kemasan yang menarik sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar global tutupnya.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser

[Teks - Foto : Efa Wahyuni - BBTNGL].

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini