Dampingi BRGM, Balai Besar KSDA Riau Pantau Progres Kegiatan Revegetasi

Senin, 29 Agustus 2022

Pekanbaru, 29 Agustus 2022 - Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I melakukan pendampingan pada kegiatan revegetasi Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) di sekitar Kawasan Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan, Kel Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan dilakukan sejak Jumat hingga Minggu, 19-21 Agustus 2022.

Tim berkomunikasi dengan Ketua Pokmas Mitra Restorasi Meranti dan dilakukan pengecekan ke lokasi areal revegetasi. Areal berada di dalam kawasan SM Kerumutan seluas 20 ha yang merupakan bekas kebakaran tahun 2014.

Di lokasi telah dilakukan persiapan berupa pembuatan rintis batas, pemasangan pancang rambu arah jalur tanaman, serta patok batas di sudut areal revegetasi yang ditumbuhi semak tanaman pakis dan tumbuhan bawah lainnya. Pengadaan bahan  pembuatan tanaman, pondok kerja dan papan nama sedang dalam proses.

Tim juga melakukan komunikasi dengan Ketua Pokmas Buana Sari terkait pemberian bantuan pemberdayaan masyarakat berupa ternak kerbau. Ternak kerbau rencananya akan dibuatkan kandang yang berada di areal penggembalaan yang dikelilingi dipagar. Kandang dan areal penggembalaan tersebut berada di lahan warga (di luar kawasan). Tim melakukan peninjauan ke lokasi rencana pemberian bantuan.

Saat ini proses pembangunan pagar areal penggembalaan dan kandang sedang berjalan. Pengadaan hewan ternak kerbau juga masih dalam proses. Kegiatan ini telah dimulai sejak tanggal 15 Agustus 2022. Penyelesaian pemasangan pagar pembatas dan pembuatan kandang ternak ditaretkan akan diselesaikan pada akhir Agustus 2022. Setelah rampung, hewan kerbau rencananya akan dibeli pada awal bulan September 2022.

Semoga masyarakat sejahtera dan kawasan selalu terjaga.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini