Dukung Presidensi G20 dan FOLU Net Sink, BKSDA Yogyakarta Apel Siaga Antisipasi Karhutla

Kamis, 25 Agustus 2022

Yogyakarta, 24 Agustus 2022. Mensukseskan pertemuan rangkaian Joint Environment Climate Ministers Meeting (JECMM) Presidensi G20 di Bali yang puncaknya akan digelar pada November 2022 dan “Indonesia FoLU Net-Sink 2030” sebagai sebuah pendekatan dan strategi dimana pada tahun 2030, tingkat serapan emisi sektor FOLU (Forest and Other Land Use) ditargetkan sudah berimbang atau lebih tinggi dari pada tingkat emisinya (Netsink), Balai KSDA Yogyakarta melakukan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi karhutla di wilayah Daerah Istimewa Yogyakart (DIY) dengan menggelar Apel Siaga bersama Masyarakat Peduli Api (MPA), Rabu (24/8) di Komplek Kantor Seksi Konservasi Wilayah II Bantul.

Rangkaian kegiatan Apel Siaga dimulai dari pukul 08.00 WIB dengan diikuti oleh sekitar 60 peserta yang terdiri dari anggota MPA dan pegawai lingkup Balai KSDA Yogyakarta. Menyemarakkan rangkaian kegiatan apel siaga ini, selain dilakukan pengecekan perlengkapan dan peralatan juga dilakukan kegiatan perlombaan antar peserta apel. Adapun lomba-lomba yang digelar pada apel siaga ini meliputi : lomba gelar gulung selang, lomba menyalakan pomp dan lomba penanganan manual dan mekanis karhutla.

Dalam sambutannya, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi menyampaikan “Apel siaga ini digelar sebagai bentuk kesiapsiagaan Balai KSDA Yogyakarta dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah DIY.

Berdasarkan prakiraan musim kemarau tahun 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, puncak musim kemarau tahun 2022 di Indonesia sebagian besar diprakirakan terjadi pada bulan Agustus sehingga kita perlu bersama – sama meningkatkan kesiapsiagaan dalam pengendalian kebakaran hutan. Melalui Apel Siaga dan Latihan Pemadaman ini diharapkan pengendalian kebakaran hutan dapat dilakukan secara optimal.” Kata M. Wahyudi.

Terlibatnya MPA pada pelaksanaan apel siaga ini diharapkan akan dapat turut berperan aktif dalam upaya sosialisasi kepada seluruh warga masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Penting bagi masyarakat untuk menyadari bahwa “api kecil menjadi kawan, api besar menjadi lawan” sehingga masyarakat dapat bijak menggunakan api saat beraktifitas di sekitar kawasan.

Sumber : Balai KSDA Yogyakarta

Penanggung jawab berita:  Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi:  Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini