Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan di Taman Nasional Taka Bonerate

Jumat, 22 Juli 2022

Benteng – 21 Juli 2022. Balai Taman Nasional Taka Bonerate bekerja sama dengan Wildlife Conservation Society - Indonesia Program (WCS-IP) menyelenggarakan pertemuan terkait Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan di Taman Nasional Taka Bonerate, Kamis (21/07/2022).

Pertemuan ini dilakukan guna membangun kebijakan bersama dalam pengelolaan perikanan secara berkelanjutan, berkeadilan, dan berkearifan lokal melalui kemitraan konservasi, serta menjadi tindak lanjut pengelolaan sumber daya perikanan kakap dan kerapu di TN Taka Bonerate.

Dalam sambutannya, kepala balai menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan wujud dari kepedulian berbagai pihak terhadap upaya mewujudkan perikanan berkelanjutan di Kabupaten Kepulauan Selayar, khususnya di kawasan TN Taka Bonerate.

"Perikanan berkelanjutan hanya dapat dicapai jika para pihak saling berkolaborasi dan bekerja sama. Pertemuan dan diskusi dengan berbagai pihak seperti saat ini sangat penting untuk dilakukan agar diperoleh solusi atas tantangan dan permasalahan yang dihadapi. Kawasan TN Taka Bonerate dapat menjadi pilot project dalam mewujudkan perikanan berkelanjutan" ujar Faat Rudhianto.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar, Ir. Makkawaru, juga menyampaikan penekanan bahwa perikanan berkelanjutan merupakan sebuah keharusan apabila kita ingin sumber daya perikanan lestari dan dapat dinikmati oleh anak cucu kita kelak. Mari kita rangkul masyarakat untuk mewujudkan hal tersebut.

Semoga pertemuan ini dapat lebih meningkatkan sinergitas dan kerja sama para stakeholder demi terwujudnya perikanan berkelanjutan dalam kawasan TN Taka Bonerate khususnya dan Kabupaten Kepulauan Selayar pada umumnya.

Pertemuan di Dierra Cafe & Resto ini dihadiri dan dibuka langsung Kepala Balai TN Taka Bonerate, Faat Rudhianto, S.Hut., M.Si. dan dihadiri beberapa stakeholder penting dalam pengelolaan perikanan, diantaranya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar, Camat Taka Bonerate, Koordinator PSDKP Selayar, Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, Penyuluh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), WCS-IP dan Yayasan Mattirotasi Mitra Lestari.

Sumber : Balai Taman Nasional Taka Bonerate

????: Khoirul Anam (PEH-BTN Taka Bonerate)

Editor: © Humas BTN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini