Kebut Penyusunan Dokumen Periodic Review Cagas Biosfer Cibodas

Senin, 18 Juli 2022

Cibodas, 16 Juli 2022. Ruang Malabar Gedung Sate Provinsi Jawa Barat, Jumat (15/07/2022), menjadi saksi para pihak Forum Koordinasi dan Komunikasi Pengelolaan Cagar Biosfer Cibodas (FKKP CBC) mengadakan rapat persiapan penyusunan dokumen Periodic Review Cagar Biosfer Cibodas agar selesai disampaikan ke MAB-UNESCO Paris sebelum 30 September 2022. Periodic Review ini merupakan mandat dari Program MAB-UNESCO Paris yang diwajibkan melaporkan segala kegiatan konservasi, pembangunan berkelanjutan dan logistic support (Penelitian, Pendidikan dan Monitoring) per 10 tahun.

Pada pertemuan ini sekaligus silaturahmi dan menyepakati ditunjuknya orang-orang kunci perwakilan dari para pihak yang menjadi tim kecil dalam penyusunan dokumen tersebut dengan tata waktu yang sesuai dengan target. Disela-sela pertemuan disampaikan kembali sertifikat penetapan Cibodas UNESCO World Biosphere Reserve oleh Komite Nasional MAB-UNESCO Indonesia yang didampingi Sekretariat FKKP CBC ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai simbol kebanggaan bangsa Indonesia yang mendapatkan gelar prestisius tingkat Internasional di tanah Pasundan Jawa Barat tepatnya lanskap Gunung Gede Pangrango dan sekitar Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor serta Kota Sukabumi.

Para pihak turut hadir diantaranya Ketua Komite Nasional MAB-UNESCO INDONESIA, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) selaku Sekretariat FKKP CBC, Biro Perekonomian Setda Provinsi Jabar, BAPPEDA Jabar, Dinas Kehutanan Jabar, Balai Besar KSDA Jabar, Dinas PMPD Jabar, Dinas LH Jabar, Dinas Pariwisata Jawa Barat dan jajaran anggota FKKP CBC lainnya serta mitra AREI yang akan mengajukan Branding Cagar Biosfer Cibodas.

Semoga gelar Internasional ini tetap dipertahankan dan mewujudkan harmonisasi antara alam dan manusia khususnya di Provinsi Jawa Barat.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks dan dokumentasi: Ade Bagja Hidayat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini