Berbaur Dengan Masyarakat Lawan Illegal Logging

Senin, 14 Maret 2022

Baserah, 14 Maret 2022 – Tim Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) melaksanakan monitoring di Resort Onangan Nilo, pada 11 s.d 13 Maret 2022 silam, dengan personil 3 orang Polhut dan 1 orang PPNPN.

Dalam monitoring yang dilakukan, tim berbaur bersama masyarakat juga berkoordinasi dengan perangkat pemerintahan setempat, sekaligus berdiskusi mengenai isu-isu yang berkembang di dalam kawasan. Disela diskusi, tim menyempatkan untuk bersosialisasi kepada masyarakat terkait Surat Edaran Kepala Balai tentang larangan menanam sawit di dalam kawasan TN Tesso Nilo.

Setelah melakukan pendekatan dengan masyarakat dan berkeliling, ditemukan bibit sawit yang akan ditanam, bibit sawit tersebut kemudian dimusnahkan dengan cara dicincang. Pada lokasi lain, tim menemukan tindak pidana hutan berupa pembukaan lahan dan illegal.  Masih di lokasi yang berdekatan, tim mendatangi satu pondok yang dihuni ditengah-tengah bukaan hutan, Namun saat didatangi, pondok tersebut terlihat kosong tanpa penghuni. Tim kemudian menempel himbauan di papan tembok pondok yang berisikan peringatan untuk meninggalkan lokasi hutan. Saat akan mengahiri kegiatan patroli, dipertengahan jalan tim bertemu dengan beberapa orang di dalam kawasan. Petugas kemudian mengintrogasi warga tersebut dan memberikan sosialisasi serta peringatan untuk tidak melakukan aktifitas di dalam kawasan hutan.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penaburan biji/benih tanaman kehutanan secara acak di lokasi-lokasi bukaan dan sela-sela sawit yang ada di dalam kawasan. Petugas juga mengungkapkan akan segera melakukan penindakan hukum terhadap tindak pidana hutan yang terjadi didalam kawasan hutan. Petugas juga menghimbau masyarakat untuk tidak lagi merusak hutan demi kepentingan pribadi dan akan menindak tegas oknum yang masih melakukan perbuatan melawan hukum.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini