Rimbawan Sumatera Utara Aksi Bersih di TWA Sibolangit

Senin, 14 Maret 2022

Aksi bersih kawasan TWA Sibolangit di Hari Bakti Rimbawan Tahun 2022

Sibolangit, 14 Maret 2022. Sekitar 60 orang rimbawan lingkup UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumatera Utara, diantaranya Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, Balai Pengamanan dan Penegakkan Hukum Wilayah Sumatera, Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Wampu Sei Ular serta Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah II Medan, dan juga dari Kelompok Sadar Wisata Alam (Pokdarwis) Sibolangit Berseri melakukan kegiatan aksi bersih dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan Tahun 2022 di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, pada Sabtu, 12 Maret 2022

Dasar dari penyelenggaraan kegiatan aksi bersih ini mengacu kepada Surat Sekretaris Jenderal Kementerian LHK Nomor : S.142/Setjen/Roum/Set.1/3/2022 tanggal 9 Maret 2022, hal Peringatan Hari Bakti Rimbawan Tahun 2022,   yang mengusung tema “Rimbawan Menjaga  Lingkungan, Menyukseskan Presidensi G20 Indonesia”.

Ketua Panitia, Mustafa Imran Lubis, SP., Kepala Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe, dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan juga dalam rangka menjalin dan membangun kembali tali silaturahim sesama rimbawan Sumatera Utara, yang selama ini sedikit terkendala akibat pandemi covid-19 yang melanda Indonesia umumnya dan Sumatera Utara khususnya.

Sedangkan Plt. Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Ir. Irzal Azhar, M.Si., yang juga Koordinator UPT Kementerian LHK Sumatera Utara, dalam sambutannya menjelaskan bahwa aksi bersih dilaksanakan sesuai dengan arahan surat Sekretaris Jenderal Kementerian LHK, kegiatan aksi bersih di Sumatera Utara dilaksanakan di kawasan TWA Sibolangit, mengingat bahwa Sibolangit merupakan wilayah yang sangat penting karena menjadi catchmen area (daerah tangkapan air) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih yang bukan hanya mensuplai kebutuhan masyarakat di sekitar Sibolangit saja, tetapi juga sebagian masyarakat yang ada di Kota Medan. Oleh karena itu, kegiatan ini sekaligus juga menjadi momen sosialisasi dan awareness  kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian kawasan hutan yang ada di sekitar Sibolangit termasuk TWA Sibolangit, agar bisa terus memberi kontribusi dalam penyediaan air bersih.

Aksi bersih di jalur tracking kawasan TWA Sibolangit

Aksi bersih dilakukan di empat titik di dalam kawasan dan berhasil mengumpulkan sembilan karung plastik sampah, terdiri dari 8 kantong plastik berisi sampah organik dengan berat 64 kg dan 1 kantong berisi sampah plastik dengan berat 15 kg, sehingga total keseluruhan sampah yang terkumpul seberat 79 kg. Khusus untuk sampah organik berupa daun-daun kering dikembalikan ke kawasan untuk diolah secara alami menjadi humus, sedangkan sampah plastik  dikumpulkan dan akan dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang ada di Kecamatan Sibolangit.

Aksi bersih telah berakhir, harapannya apa yang telah dilakukan rimbawan Sumatera Utara memberi kontribusi dalam menjaga lingkungan khususnya kawasan TWA Sibolangit. Selain itu momen Hari Bakti Rimbawan juga diharapkan  menumbuhkan jalinan kebersamaan yang lebih harmonis lagi di lingkup rimbawan Sumatera Utara.

Semoga kebersamaan rimbawan Sumatera Utara dapat terus harmonis

Sumber : Samuel Siahaan, SP. - PEH Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini