Menimba Ilmu TekniK Konservasi Hutan di TN Bogani Nani Wartabone

Kamis, 10 Maret 2022

Kotamobagu, 10 Maret 2022. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) sebagai salah satu kawasan konservasi di Pulau Sulawesi. SMK Kehutanan Negeri Manokwari memilih TNBNW sebagai tempat praktek industri. Sebanyak 32 siswa siswi yang terdiri dari 22 orang siswa dan 10 orang siswi merupakan siswa siswi kelas IX yang berasal dari jurusan Teknik Konservasi Sumber Daya Hutan.

TNBNW sebagai Center of Excelent sangat sejalan dengan program kegiatan SMK Kehutanan Negeri Manokwari yang akan dilaksanakan. Sebagai tempat pembelajaran,  siswa siswi akan mempelajari sesuai dengan kurikulum serta basic ilmu yang didapatkan di sekolah seperti inventarisasi keanekaragaman hayati, pembinaan habitat dan populasi, ekowisata serta program pengelolaan kawasan konservasi lainnya yang ada di TNBNW. Dalam praktek ini siswa diberikan sebuah project berupa kegiatan Resort Based Management (RBM). Di TNBNW sendiri RBM merupakan salah satu alat untuk mencapai berbagai tujuan bidang yang dikaji, dimana mulai dari pengambilan data, input data sampai pencetakan laporan melalui aplikasi SMART (Spatial Monitoring And Reporting Tool) harus dilakukan siswa sebagai indikator penilaian praktek.

Sebagai generasi muda dan millenial. Praktek industri merupakan salah satu bentuk cara peningkatan skills, pengetahuan serta mental siswa SMKK Negeri Manokwari yang menuntut siswa untuk turut aktif dalam kegiatan agar dimasa mendatang siap menjadi tenaga teknis siap pakai dibidang kehutanan. Harapan kedepannya adalah siswa siswi dapat mengetahui secara langsung pengelolaan khussnya di TNBNW. Disisi lain pihak Balai TNBNW  sebagai wadah pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pada bidang pelayanan publik.

Sumber : Amal Hidayat - Balai Bogani Nani Wartabone 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini