Penanaman 2000 Bibit Pohon di Blok Pasir Banteng Resort Tapos

Senin, 28 Februari 2022

Bogor, 28 Februari 2022. Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tanggal 21 Februari 2022 dan sebagai upaya pemulihan ekosistem menuju hutan hujan tropis, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) mengajak semua pihak melakukan penanaman sebanyak 2.000 bibit pohon pada areal seluas 4 hektar, Sabtu (26/2). Penanaman dilakukan di Blok Pasir Banteng Resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Tapos, Seksi PTN Wilayah VI, Bidang PTN Wilayah III bersama PT. Tirta Fresindo Jaya-Plant Ciherang dengan bibit yang ditanam merupakan jenis asli TNGGP yaitu Huru, Janitri, Rasamala, Puspa dan Manglid. BBTNGGP dengan PT. Tirta Fresindo Jaya (TFJ) telah bekerja sama sejak bulan Desember 2017 melalui program Konservasi Keanekaragaman Hayati dan PT. TFJ telah melakukan penanaman pohon sebanyak 25.000 batang pada areal seluas 49 hektar selama kurun waktu 5 tahun kerja sama.

Penyerahan bibit tanaman dilakukan secara simbolis yang diberikan oleh PT. Tirta Fresindo Jaya kepada BBTNGGP sekaligus penyerahan bantuan peralatan budidaya lebah madu pada KTH binaan BBTNGGP yaitu KTH Tapak Jagat sebagai realisasi dari komitmen untuk mendukung pemberdayaan masyarakat setempat. Dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh seluruh tamu undangan yang sebelumnya diberikan demonstrasi tata cara penanaman pohon agar pohon yang ditanam dapat tumbuh dengan baik.

Aksi nyata penanaman pohon perlu terus dilakukan agar semua pihak menyadari pentingnya mejaga hutan dan alam sekitar terutama generasi muda. Komitmen perusahaan dalam menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap hutan kepada seluruh karyawan tentunya sangat penting. Hal ini merupakan bagian dari upaya penyadartahuaan kepada masyarakat. Bagaimana menyatukan visi dan misi pembangunan kehutanan dari berbagai sisi untuk mencapai tujuan yang sama yaitu terjaganya alam dan sejahteranya masyarakat. Kegiatan turut dihadiri beberapa instansi diantaranya Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bogor, Kecamatan Caringin dan Koramil Ciawi. 

Kepala Bidang pada Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bogor, Bapak Holid, menyampaikan bahwa "Saat ini sebetulnya kita ada dalam posisi meminjam kekayaan alam dari anak cucu kita di masa mendatang bukan mewariskan kekayaan terhadap untuk anak cucu kita".

Perwakilan dari Kantor Kecamatan Caringin, Bapak Yanto menyampaikan apresiasi bagi BBTNGGP dan PT. TFJ atas upaya pelestarian alam yang dilakukan dan komitmen perusahaan ini dapat diikuti oleh perusahaan lainnya. Perwakilan management Mayora Group, Ibnu Adriansyah juga menyampaikan bahwa upaya yang dilakukan oleh perusahaan merupakan suatu kewajiban yang sudah selayaknya diberikan dan komitmen ini harus terus dijalankan. Selain di dalam kawasan, Mayora Group juga melakukan program penanaman pohon di luar kawasan konservasi. Sebagai penutup, Plt. Kepala Balai Besar TNGGP, Wasja, S.H., menyampaikan apreasiasi kepada berbagai pihak terutama untuk pihak Mayora Group yang telah membuktikan konsistensinya dalam program pemulihan ekosistem di TNGGP dan harapannya kerjasama ini dapat terus dilanjutkan mengingat konservasi tidak mungkin dilakukan sendiri membutuhkan peran berbagai pihak.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango salah satu hutan konservasi yang merupakan gambaran ekosistem hutan asli Indonesia dengan keanekaragaman hayati tinggi (mega biodiversitas), memiliki 3 fungsi utama sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman hayati dan pemanfaatan hutan secara lestari. Taman nasional menjadi garda terdepan dalam menyeimbangkan situasi lingkungan dan perubahan iklim yang terjadi. Namun demikian, terdapat beberapa lokasi di TNGGP yang merupakan lahan terdegradasi khususnya pada areal perluasan ex Perum Perhutani. Hal ini menjadi catatan bagi BBTNGGP dalam upaya mengembalikan kondisi hutan pada ekosistem hutan referensinya yaitu hutan hujan tropis.

Sumber : Ratih Mayangsari - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Foto : Mukti Ahmad Sopyan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini