Wamen LHK Alue Dohong Tinjau Penangkaran Rusa dan Rehabilitasi Raptor SFF Bunder di Sela Kunjungan ke Yogyakarta

Jumat, 25 Februari 2022

Yogyakarta, 25 Februari 2022 - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Alue Dohong tinjau Stasiun Flora Fauna (SFF) Bunder di sela-sela kunjungannya ke Yogyakarta hari Selasa (22/2/2022). Wamen Alue Dohong mengunjungi penangkaran rusa dan rehabilitasi raptor di pusat penyelamatan satwa yang dikelola Balai KSDA Yogyakarta ini.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi menyambut gembira kehadiran Wamen Alue Dohong di SFF Bunder ini. M. Wahyudi selanjutnya menjelaskan mengenai gambaran singkat potensi dan pengelolaan SFF Bunder oleh Balai KSDA Yogyakarta.

"SFF Bunder ini mulai dibangun sejak tahun 1995 dan awalnya merupakan pusat transit flora fauna. Selanjutnya di tahun 2000, SFF Bunder mulai difungsikan sebagai Pusat Penangkaran Rusa Timor dengan bibit 4 ekor rusa timor jantan dan 6 ekor betina. Selanjutnya di tahun 2010, penamaan Pusat Penangkaran Rusa berubah menjadi Stock Center Rusa yang ditujukan untuk pengembangan konservasi spesies dan genetik melalui pengelolaan jenis dan genetik rusa secara eksitu serta penyediaan indukan rusa timor yang unggul bagi masyarakat. Data Balai KSDA Yogyakarta menunjukkan bahwa sejak tahun 2002 terdapat 37 ekor indukan rusa yang telah disediakan SFF Bunder." urai M. Wahyudi.

Lebih lanjut M. Wahyudi menjelaskan mengenai kawasan SFF Bunder.

"SFF Bunder ini berada di kawasan Tahura Bunder yang berada dibawah Pengelolaan Dinas LHK DIY, sehingga dalam pengelolaan SFF Bunder ini dilakukan kerjasama penggunaan kawasan antara Balai KSDA Yogyakarta dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY yang dituangkan dalam bentuk kerjasama pengelolaan dan pengembangan SFF Bunder di Tahura Bunder yang disepakati bersama pada tahun 2016 hingga saat ini." jelasnya.

Selama berada di SFF Bunder, Wamen Alue Dohong juga menyempatkan untuk memberi makan rusa yang ada di komplek SFF Bunder tersebut serta meninjau kandang raptor dan sarana prasarana yang ada di SFF Bunder.

Sebagaimana diketahui bersama, kunjungan Wamen LHK Alue Dohong selama tiga hari di Yogyakarta dari tanggal 22 hingga 24 Februari 2022 ini dalam rangka Deklarasi Peduli Hutan Indonesia serta Peresmian dan Penanaman Gerakan Tanam Jadi Nasional yang dilaksanakan di Wunung, Wonosari Gunungkidul. Rangkaian kegiatan Wamen Alue Dohong rencananya juga diisi dengan kunjungan ke kawasan Hutan Pinus Mangunan di Bantul, dan agenda doa bersama lintas agama, “Bumi rumah bersama, satukan tangan hadapi perubahan iklim dan pandemi Covid 19” yang diselenggarakan di komplek Candi Prambanan Yogyakarta.

 

Sumber : Y. Andie Chandra H  (PEH Balai KSDA Yogyakarta)

Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta-Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini