Pemerintah Kepulauan Mentawai dan BKSDA Sumbar Sepakat Untuk Bekerja Sama

Kamis, 17 Februari 2022

Padang, 17 Februari 2022. Penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai resmi ditandatangani, Senin (14/2) yang di hadiri oleh Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Eksosistem (KSDAE), Ir. Wiratno, M.Sc.  Penandatanganan NK antara Kepala BKSDA Sumbar dengan Bupati Kepulauan Mentawai tentang kerjasama strategis yang tidak dapat dielakkan dalam rangka pembangunan dan peningkatan jalan (eksisting) ruas Saliguma- Maileppet  dan ruas Mapinang-Surat Aban yang melintasi Taman Wisata Alam (TWA) Saibi Sarabua dan Suaka Margasatwa (SM) Pagai Selatan serta Pembangunan Infrastruktur strategis rumah sakit pratama di dalam kawasan TWA Saibi Sarabua. 

Penandatanganan 2 (dua) Perjanjian Kerja Sama ini sebagai turunan dari NK masing masing antara Kepala Balai KSDA Sumatera Barat dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kepulauan Mentawai  dalam rangka pembangunan dan peningkatan jalan (eksisting) ruas Saliguma- Maileppet  dan ruas Mapinang-Surat Aban yang melintasi Taman Wisata Alam (TWA) Saibi Sarabua dan Suaka Marga Satwa Pagai Selatan dan Kepala BKSDA Sumbar dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Mentawai  Pembangunan Infrastruktur strategis rumah sakit pratama di dalam kawasan TWA. Saibi Sarabua. 

Keberadaan  Jalan Kabupaten ruas Maileppet-Saliguma berada pada blok khusus TWA Saibi Sarabua sepanjang 7,7 km dan ruas Mapinang- Surat Aban  berada pada blok khusus SM Pagai Selatan sepanjang 12,1 km sebagai jalan strategis kabupaten yang merupakan  bagian dari jalan yang menghubungkan  antara kecamatan dan memiliki arti penting dalam transportasi dengan tujuan mendorong terwujudnya keutuhan, kelestarian, dan manfaat Kawasan konservasi, serta meminimalkan dampak negatif baik langsung maupun tidak langsung sebagai akibat penyelenggaraan jalan yang melintasan Kawasan konservasi.

Pembangunan Infrastruktur  rumah sakit pratama  di TWA Saibi Sarabua merupakan bagian dari upaya penanganan  mitigasi/ bencana gempa bumi megatrust  serta penyakit menular yang memliki peran penting dalam melayani kebutuhan kesehatan dan keselamatan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Harapannya pembangunan jalan dan rumah sakit tersebut dapat membantu pembangunan dan kesehatan dan keselamatan warga Kepulauan Mentawai utamanya di Pulau Siberut dan Pulau Pagai Selatan.

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini