Pegawai UPT Lingkup Sumatera Barat Belajar Kerja Ikhlas Kerja Keras Kerja Cerdas

Senin, 14 Februari 2022

Padang, 14 Februari 2022. Direktur Jenderal KSDAE, Ir. Wiratno, M.Sc memberikan pembinaan kepada pegawai lingkup UPT Provinsi Sumatera Barat di Aula kantor Balai Taman Nasional Siberut, Minggu (13/2). Beliau menyampaikan 10 Cara Kerja Baru Pengelolaan Kawasan Konservasi diantaranya (1) Masyarakat sebagai subjek. Jadi, masyarakat itu diposisikan sebagai subjek atau pelaku utama dalam berbagai model pengelolaan kawasan; (2) Mengelola kawasan konservasi harus mempertimbangkan prinsip-prinsip penghormatan terhadap hak asasi manusia; (3) Kerja sama lintas eselon 1 di Kementerian LHK; (4) Kerja sama lintas kementerian/ lembaga terkait seperti dengan Kementerian Desa, Kementerian Pariwisata, dan sebagainya; (5) Penghormatan nilai budaya dan adat; (6) Kepemimpinan multilevel. Cara ini mensyaratkan kemampuan leadership dengan dukungan manajemen di semua level mulai dari pusat sampai tingkat tapak; (7) Cara baru mengelola kawasan konservasi harus berdasarkan pengambilan keputusan berbasis sains di mana data dan informasinya harus riil, tidak palsu dan berasal dari fakta lapangan; (8) Pengelolaan berbasis resor; (9) Penghargaan dan pendampingan dan Organisasi pembelajar atau learning organization.

Beliau berpesan agar seluruh pegawai lingkup KLHK bisa menciptakan suasana kerja yang kondusif, sehingga slogan kerja iklas, kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas bisa berjalan karena "Konservasi alam bukan hanya sekedar pekerjaan, ia adalah jalan hidup yang dipilihkan Tuhan kepada kita. Maka bersyukurlah dengan cara bekerja ikhlas, bekerja keras, dan bekerja cerdas dalam menjalaninya" (Wiratno, 1 Maret 2018).

Acara turut dihadiri oleh Kepala Balai Taman Nasional Siberut selaku Kordinator UPT KLHK di Sumatera Barat, Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Sumbar BB TN Kerinci Seblat, Kepala BPDASHL Agam Kuantan yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha, serta ASN lingkup UPT KSDAE KLHK Sumatera Barat. (iar)*

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini