Balai Besar KSDA Riau Resort Siak Pantau Perkembangan Usaha Kelompok Tani Binaan

Kamis, 10 Februari 2022

Pekanbaru, 10 Februari 2022 – Balai Besar KSDA Riau Resort Siak telah melakukan pendampingan Kelompok Tani Hutan (KTH) binaan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari tepatnya pada 3-4 Januari 2022 silam.

Kegiatan pendampingan diawali dari KTH Tuah Berseri yang berlokasi di Desa Tuah Indrapura, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak. Tim melakukan pendampingan dan pengecekan perkembangan bantuan usaha Madu Kelulut sebanyak 30 koloni lebah dengan sumber makanan dari alam seperti bunga-bungaan serta tanaman sekitar. KTH Tuah berseri belum memanen secara besar. Tak lupa Tim juga berkoordinasi dengan pihak kepala Desa Tuah Indrapura.

Selanjutnya KTH Pesisir Melayu, yang terletak di Desa Muara Dua, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Tim melakukan pendampingan dan pengecekan bantuan Sapi yang berjumlah 5 ekor berjenis kelamin betina. Sapi dalam kondisi sehat dan telah dilakukan penyuntikan 1 kali pada bulan Desember. Jenis suntikan yang diberikan yaitu vitamin dan obat cacing. Tim mengunjungi 3 tempat kandang sapi yang dikelola KTH Pesisir Melayu serta melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Muara Dua.

Pendampingan yang terakhir dilakukan pada KTH Tunas Baru di Desa Buantan Besar, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak. Setelah berkoordinasi dengan pihak kepala Desa setempat, tim melakukan pengecekan bantuan sapi yang telah diberikan sebelumnya yang berjumlah 4 ekor terdiri dari 2 betina dan 2 jantan. Dari hasil pantauan, sapi dalam kondisi sehat dan terlihat gemuk dimana keempatnya diletakkan dalam satu kandang. Seluruh sapi tersebut juga telah disuntik vitamin dan obat cacing sebanyak 1 kali di bulan Desember.

Di sela-sela kegiatan pendampingan 3 KTH tersebut, Tim juga menyerahkan sertifikat pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) di sekitar kawasan konservasi.

Semoga kegiatan bantuan dan pendampingan ini dapat menambah kesejahteraan anggota KTH dan hutan yang ada di kawasan konservasi makin terjaga.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini