Harmoni Merawat Adat dan Menjaga Alam Muara Sebuhur di SM Pelaihari

Rabu, 09 Februari 2022

Sabuhur, 9 Februari 2022 – Desa Sabuhur melaksanakan agenda rutin tahunan berupa giat syukuran Pantai Muara Sabuhur. Agenda adat ini dikemas sehari penuh dengan melibatkan segenap masyarakat Desa Sabuhur yaitu dari Pokdarwiskon Pantai Baru Muara Sabuhur dan tim dari Balai KSDA Kalimantan Selatan melalui Seksi Konservasi WIlayah (SKW) 1 Resort Jorong Suaka Margasatwa (SM) Pelaihari.

Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc mengungkapkan apresiasinya kepada masyarakat Desa Sabuhur yang masih merawat dan mampu untuk terus senantiasa melestarikan adat budaya kearifan lokal berupa syukuran Pantai Muara Sabuhur. “Kegiatan ini sangat baik untuk harmonisasi antara alam dan manusia. Harapannya kedepan akan lebih banyak lagi pihak-pihak terlibat aktif dalam membesarkan potensi ekowisata menjadi kenyataan di Desa Sabuhur ini” pungkasnya.

1-2022-02-08 at 09.12.50

Desa Sabuhur merupakan salah satu desa penyangga di kawasan Suaka Margasatwa Pelaihari. Desa Sabuhur masuk ke dalam administrasi wilayah kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan syukuran Pantai Muara Sabuhur selain dihadiri dari lingkup BKSDA Kalimantan Selatan juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Tanah Laut, Kadis Pariwisata Kab. Tanah Laut, Kadis. Perhubungan Kab. Tanah Laut, Kadisnaker dan Perindustrian Kab. Tanah Laut, Camat Jorong, PT. Inhutani dan perwakilan perusahaan swasta yang berada di sekitar Desa Sabuhur yang telah berperan aktif pada kegiatan ini.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Tanah Laut Bapak Muslimin S.E menyebutkan bahwa event ini merupakan event yang unik dan harus dilestarikan dan dikembangkan guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Tanah Laut dan Sabuhur pada khususnya. “Kabupaten Tanah Laut sedang menggalakkan program promosi wisata dan kunjungan wisata. Desa Sabuhur sendiri telah ditetapkan sebagai program unggulan wisata Susur Sungai Pantai Baru Muara Sabuhur pada 2021 lalu oleh DPRD Tanah Laut” ujarnya. “Sehingga ini diharapkan menjadi dasar pintu masuk pengelolaan kolaboratif wisata di Desa Sabuhur” tambahnya.

3-2022-02-08 at 09.14.17

Bapak Nordin selaku ketua Pokdarwiskon Pantai Baru sekaligus ketua panitia syukuran Pantai Muara Sabuhur dalam sambutannya menyebutkan bahwa giat syukuran pantai ini telah ada sejak lama dan terus dipelihara secara turun temurun. Beliau berharap kedepannya giat syukuran pantai Muara Sabuhur dapat diagendakan dalam kalender kunjungan wisata di Kab. Tanah Laut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut membantu sehingga giat ini dapat terlaksana, khususnya kepada Bapak Camat yang turut serta menyiapkan kegiatan ini dan teman-teman dari BKSDA Kalimantan Selatan yang juga mendukung kami selama ini” ucapnya. “Tanpa bantuan dari Bapak dan Ibu kegiatan ini sungguh tidak dapat terlaksana dan semoga dengan kegiatan ini membawa kebaikan dan keberkahan bagi kita semua” tutupnya. (ryn)

Sumber : Badrul Arifin, S.Hut - PEH Seksi Konservasi Wilayah I Pelaihari Balai KSDA Kalimantan Selatan

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini