E-RIGGO : Ecotourism Sharing in Gede Pangrango

Selasa, 08 Februari 2022

Selabintana, 8 Februari 2022. Penyuluhan ekowisata atau E-RIGGO (Ecotourism Sharing In Gede Pangrango) diselenggarakan di aula Resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Selabintana, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) yang dilaksanakan oleh mahasiswa Sekolah Vokasi IPB Program Studi Ekowisata, Minggu (6/2). E-RIGGO diikuti empat sekolah menengah atas, yaitu SMKN 1 Kabupaten Sukabumi, SMAN 2 Kota Sukabumi, SMKN 1 Kota Sukabumi dan SMKN 3 Kota Sukabumi dengan total 19 siswa.

Dua materi disampaikan mengenai Pengenalan Kawasan TNGGP oleh Sdri. Enike Ratna Sari, S.Hut (PEH-BBTNGGP) dan Pengenalan Ekowisata, Biotik dan Abiotik Perairan, Wisata Budaya dan Spiritual, dan Psycological Healing oleh tim PKL Sekolah Vokasi IPB. Selain materi di dalam ruangan, peserta juga diajak melakukan praktik luar ruangan yang merupakan implementasi dari materi yang sudah diberikan. Praktik terakhir adalah pembuatan miniatur kawasan wisata yang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh peserta memahami materi mengenai ekowisata. 

E-RIGGO merupakan bentuk pengenalan mengenai ekowisata yang meliputi wisata budaya, wisata perairan, dan wisata kesehatan. Agar masyarakat mengetahui dampak positif dan dampak negatif dari kegiatan pariwisata. Selain itu juga sebagai bagian sosialisasi ekowisata bagi seluruh kalangan, karena melalui ekowisata yang menarik dapat membawa dampak sosial dan lingkungan baik oleh komunitas maupun perorangan di kawasan TNGGP. Selain berwisata dan menikmati pemandangan alam, pengunjung juga akan mendapatkan ketenangan jiwa dan raga dari kegiatan forest healing. Dan TNGGP sebagai salah satu destinasi ekowisata di Jawa Barat dapat menjadi bagian dari kegiatan wisata berkelanjutan yang akan berkembang kearah yang lebih baik apabila masyarakat sekitarnya mampu mengambil kesempatan untuk terlibat aktif dalam kegiatan pengembangan ekowisata. 

Sebagai tambahan informasi, acara ini dimulai dengan laporan dari ketua pelaksana, Putri Adira Paramita yang dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Balai Besar TNGGP sekaligus membuka acara oleh Febriyani, S.Hut. dan penanaman bibit tanaman jenis asli TNGGP menjadi kegiatan penutup sekaligus menjadi aksi puncak kegiatan E-RIGGO. 

AYO KE TAMAN NASIONAL!!

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks : Putri Adira Paramita (Sekolah Vokasi IPB - Prodi Ekowisata)
Dok : Tim Publikasi Bidang II Sukabumi - BBTNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini