Apresiasi Penggiat Konservasi Daerah dari Dirjen KSDAE

Senin, 07 Februari 2022

Banjarbaru, 02 Februari 2022 – Kunjungan kerja Direktur Jenderal KSDAE Ir. Wiratno, M.Sc ke Kalimantan Selatan berkesempatan memberikan apresiasi penghargaan kepada para pihak yang berkontribusi luar biasa terhadap pengelolaan kawasan konservasi dan satwa serta tumbuhan di Kalimantan Selatan. Pemberian penghargaan ini didasarkan pada kepedulian, kepeloporan, dan konsistensi terhadap pengelolaan kawasan konservasi sesuai bidang tugas masing-masing. Penyerahan piagam penghargaan atas peran serta para pihak dalam pengelolaan KSDAE di Kalimantan Selatan diberikan kepada 4 (empat) penggiat konservasi. Penerima penghargaan ini antara lain Dirbinmas Polda Kalsel Kombes Pol Widiatmoko, S.H., S.I.K., M.H; Komandan Kodim 1004 Kotabaru Letkol Inf. Roy Fakhrul Rozi, S.E., MI.Pol; Kasat Reskrim Polres Tabalong AKP. Dr. Trisna Agus Brata, S.H., M.H; dan Kepala Tahura Sultan Adam Ainun Jariah, S.Hut., MP.

Kombes Pol telah berhasil melakukan perlindungan satwa melalui pembinaan terhadap pemilik satwa dan telah mendirikan Perhimpunan Penggemar Burung Eksotik Indonesia untuk menjembatani penghobi dan penangkar burung. Letkol Inf. Roy Fakhrul saat menjabat Danyon 623 berhasil menanam pohon pakan burung seluas 5 hektar di areal sekitar Yonif 623 dan melepas liar burung bersama BKSDA Kalsel; dan saat menjadi Dandim 1004 Kotabaru telah memelopori Pemulihan Ekosistem bersama masyarakat pada Blok Rehabilitasi. AKP Dr. Trisna sejak bertugas di Ditkrimsus Polda Kalsel berhasil menggagalkan peredaran TSL dilindungi tanpa izin, demikian pula setelah bertugas di Tabalong sebagai Kasat Reskrim telah menggagalkan peredaran Rusa sambar yang dilindungi. Ibu Ainun telah berkontribusi membangun  kawasa konservasi Tahura Sultan Adam seluas kurang lebih 113.000 Ha  dengan melibatkan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan.

Penyerahan penghargaan ini dilanjutkan dengan diskusi dan wawancara (Five minutes) antara Direktur Jenderal KSDAE, Kepala BKSDA Kalsel dan para penerima penghargaan sebagai sarana edukasi dan berbagi pengalaman dalam kegiatan konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya. (ryn)

Sumber : Francisca SJM, S.H., M.Ling - Staf Balai KSDA Kalimantan Selatan 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini