Penggarap di TN Gunung Gede Pangrango Belajar Pentingnya Penghijauan

Minggu, 06 Februari 2022

Sukabumi, 6 Februari 2022. Sosialisasi Teknis Penanaman sebagai upaya Pemulihan Ekosistem seluas 25 Ha yang akan dilaksanakan di blok Panyaung, Resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Pasir Hantap, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) digelar di Pos Jaga Genteng, Desa Ambarjaya, Kec. Ciambar, Kab. Sukabumi, Jumat (4/2). Sosialisasi ini ditujukan untuk masyarakat yang melakukan penggarapan di blok Panyaung. 

Kepala Seksi PTN Wilayah IV Situgunung menekankan tentang pentingnya reboisasi/penghijauan di lahan hutan yang sekarang masih digarap oleh masyarakat. Karena hutan memberikan manfaat yang sangat banyak bagi masyarakat. Salah satunya adalah sebagai daerah tangkapan air. Hal senada disampaikan juga oleh Babinsa Ambarjaya, Ismat dan Yusuf. Bahwa dengan dilakukannya penanaman, masyarakat akan memperoleh manfaat yang sangat banyak di masa mendatang. Kegiatan penanaman nantinya akan dilakukan dengan melibatkan langsung para penggarap di lahan yang bersangkutan. 

Selama kegiatan sosialisasi, para penggarap yang hadir sangat antusias menerima himbauan dari narasumber. Inti dari sosialisasi ini adalah teknis penanaman serta pembagian bibit yang akan ditanam di lokasi garapan yang bersangkutan yang berada di blok Panyaung. Kegiatan penanamannya sendiri akan dilaksanakan mulai hari Senin, 7 Februari 2022, dan akan dilaksanakan selama kurang ?ebih empat hari dengan total bibit yang akan ditanam adalah 10.000 bibit yang terdiri dari 7.500 bibit jenis asli dan 2.500 bibit Multipurpose Tree Species (MPTS). Jenis bibit yang merupakan jenis asli TNGGP, diantaranya adalah bibit Kisireum, Janitri, dan Lame. Sedangkan untuk jenis bibit MPTS diantaranya Salam, Sukun, Durian, Rambutan, dan Kemiri. 

Bibit MPTS nantinya akan ditanam di pinggir kawasan yang berbatasan langsung dengan masyarakat (green belt). Harapannya nanti masyarakat akan dapat memanfaatkan buah-buahan hasil dari bibit yang telah ditanam saat ini. Diharapkan juga dengan dilaksanakannya kegiatan penanaman dalam rangka pemulihan ekosistem ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya hutan yang ada disekitar mereka. Manfaat yang masyarakat rasakan tidak hanya untuk saat ini saja, tapi akan turun temurun ke anak cucu mereka di masa yang akan datang. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Seksi PTN Wil. IV Situgunung BBTNGGP (Luki Turniajaya, S.Hut., M.Si.), personil Resort PTN Pasir Hantap, aparat pemerintahan setempat (Kadus dan ketua RT Genteng), serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat. 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks : Ida Rohaida, S.P., M.Sc
Dokumentasi : Resort PTN Pasir Hantap

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini