Rimbawan Cilik Belajar Konservasi di TN Gunung Gede Pangrango

Minggu, 06 Februari 2022

Sukabumi, 6 Februari 2022 - Mahasiswa Universitas Lampung (Kelompok Jawa Barat 23) yang terdiri dari Fawwaz Akbar, M. Fadhil Firdaus, Fatiha Salsabiila, Sri Anten Fauziah, Ihsan Restu Maulana S., Sonya Mumtaaz, dan M. Danu W. melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode I tahun 2022 di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Rabu (2/2). Salah satu implementasi dari pelaksanaan KKN ini merupakan kegiatan “Kunjungan Belajar dan Penanaman Pohon” di Resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Situgunung, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) untuk memberikan pengenalan mengenai konservasi flora dan fauna, serta menanamkan rasa cinta kepada hutan sejak dini.  Kegiatan yang diikuti oleh 25 siswa kelas V SDN 1 Cibunar, dihadiri oleh Kepala Sekolah SDN 1 Cibunar, Kepala Desa Gedepangrango, serta Kepala Resort PTN Situgunung.

Setelah acara dimulai dengan laporan kegitan dari Fawwaz Akbar dan sambutan dari Kepala Sekolah SDN 1 Cibunar, Ibu Tuti Hernawati, S.Pd. dan Kepala Desa Gedepangrango, Bapak Asep Badrutamam, acara dibuka secara resmi oleh Kepala Resort PTN Situgunung, TNGGP, Bapak Asep Suganda. Kemudian Siswa SDN 1 Cibunar diajak berkunjung ke Tourism Information Center (TIC) Resort PTN Situgunung untuk mengenal flora dan fauna yang ada di TNGGP didampingi oleh Mahasiswa Universitas Lampung.

Kepala Resort PTN Situgunung, Asep Suganda  menyampaikan pengenalan TNGGP dan pengelolaannya serta edukasi mengenai konservasi alam, kemudian peserta diajak melakukan penanaman bibit pohon. Penanaman ini dilakukan sebagai bentuk kecintaan peserta terhadap konservasi. Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 50 bibit yang merupakan jenis asli TNGGP yaitu rasamala (Altingia excelsa) dan puspa (Schima wallichii). Penanaman secara simbolis dilakukan oleh Kepala Sekolah SDN 1 Cibunar, Kepala Desa Gedepangrango, Kepala Resort PTN Situgunung, perwakilan siswa SDN 1 Cibunar, dan perwakilan Mahasiswa Universitas Lampung. Penanaman bibit pohon kemudian dilanjutkan oleh seluruh siswa SDN 1 Cibunar yang didampingi oleh Mahasiswa KKN Universitas Lampung.

Acara ditutup dengan diskusi dan sharing pengalaman oleh peserta. Peserta merasa senang karena diberikan kesempatan untuk mengenal TNGGP lebih dekat dan mengetahui apa itu konservasi serta pentingnya menanam pohon. Peserta juga diminta untuk menyebarluaskan ilmu yang telah mereka peroleh selama kegiatan di lingkungan sekitar mereka. Semoga aksi rimbawan cilik kali ini, membuat kita semakin sadar akan pentingnya keberadaan hutan bagi kelangsungan makhluk hidup sejak dini. Pohon yang telah ditanam hari ini akan berguna dan bermanfaat selamanya. Salam Rimbawan!! Salam Lestari!!

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks : Fawwaz A- UNILA & Enike RS - BBTNGGP
Dok : UNILA & Tim Publikasi BBTNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini