Pentingnya Pengenalan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sejak Dini

Senin, 31 Januari 2022

Manokwari Selatan, 31 Januari 2022. Kurangnya pemahaman tentang pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan akan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kehidupan manusia. Pengenalan Lingkungan Hidup dan Kehutanan sejak dini memiliki peranan yang sangat penting untuk membentuk karakter siswa-siswi yang peduli terhadap lingkungan hidup dan hutan di masa kini dan di masa yang akan datang. Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih, melalui Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah III Yembekiri berkesempatan melakukan Sosialisasi “Mengenal Lingkungan Hidup dan Kehutanan” kepada 49 orang siswa-siswi kelas 6 SD Inpres 37 Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat, Jumat silam (28/1). Dengan menggunakan metode diskusi serta media penyuluhan berupa booklet, leaflet serta slide powerpoint (ppt), petugas mengenalkan tema Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada peserta. Selama sosialisasi berlangsung peserta diajak berdiskusi mengenai pengertian lingkungan hidup dan hutan, mengapa kita harus melestarikan/menjaga lingkungan hidup dan hutan serta dampak/akibat yang akan terjadi jika kita tidak menjaga kelestarian lingkungan hidup dan hutan disekitar kita.

Dari diskusi yang telah dilakukan, peserta sudah mengetahui bahwa menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar mereka akan meningkatkan rasa nyaman dan kesehatan. Hal tersebut dapat terlihat dari suasana kelas yang bebas sampah dan tersedianya tempat sampah serta taman-taman kecil di sekitar sekolah. Namun peserta belum memahami bagaimana bencana dapat timbul jika kelestarian lingkungan hidup dan hutan disekitar mereka tidak terjaga.

Peserta mengikuti setiap materi dalam diskusi, sambil mengamati dan membaca booklet/leaflet yang diberikan, peserta juga menjawab tindakan apa saja yang dapat mereka lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan hutan sejak dini. Games dan pemberian give away juga diberikan untuk menambah keakraban dan semangat peserta dalam mengikuti kegiatan sosialisasi. Ibu dan bapak guru juga antusias dan berterima kasih dan berharap kegiatan ini digelar kembali bersama dengan adik-adik SD Inpres 37 Ransiki.

Terima kasih Ibu dan Bapak Guru semoga kegiatan ini semakin membentuk karakter siswa-siswi untuk peduli terhadap lingkungan hidup dan hutan dimasa kini dan dimasa yang akan datang.

Sumber : Friska Gressia Sianturi, S.Hut - Penyuluh Kehutanan Ahli Pertama Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini