Megahnya Tambora di Film Majestic Tambora

Senin, 31 Januari 2022

Jakarta, 31 Januari 2022. Sebuah film dokumenter karya anak bangsa “Majestic Tambora” diresmikan di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Senin (31/1).  Majestic Tambora menampilkan jejak - jejak literasi letusan megah Tambora, siapa pendaki pertama Tambora hingga cerita Tambora di masa kini. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem melalui Balai Taman Nasional Tambora sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan Harley Bayu Sastha sosok dibalik film dokumenter Majestic Tambora. 
 
Harley yang merupakan penulis dan aktivis pecinta gunung - gunung di Indonesia menampilkan kisah Tambora dari data - data yang diceritakan oleh pendaki pertama Tambora pasca erupsinya, seorang penjelajah dan ahli botani: Heinrich Zollinger dalam risalah perjalanannya. Menurut Harley, cerita tambora tidak akan berakhir karena akan terus digali misteri di dalamnya seperti luas dan dalamnya kaldera Tambora.
 
Letusan kolosal gunung Tambora di Semenanjung Sanggar, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada 10 April 1815, menjadi letusan gunung api terbesar di dunia dalam sejarah manusia modern.  Sejarawan mengatakan, letusan tersebut menjadi penyebab krisis terakhir dan terbesar di dunia barat serta  letusannya masih terlihat hingga 32 tahun sesudahnya. 

Film dokumenter Majestic Tambora dapat disaksikan pada link sbb : https://youtu.be/6kvTakKvdi8
 
Sumber : Sekretariat Direktorat Jenderal KSDAE

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini