Belajar Pengelolaan Sampah di TN Wakatobi

Jumat, 28 Januari 2022

Wakatobi, 28 Januari 2022. Baru-baru ini Balai Taman Nasional Wakatobi melakukan aksi kolaborasi yang bertemakan “sampah” melalui kegiatan Experiental Learning for Responsibile Waste Management in Wakatobi, UNESCO World Biosphere Marine Reserve, Indonesia yang digagas oleh National Geographic Society dan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Selasa (25/1). Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan beberapa lembaga pemerintah yaitu Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AKKP) Wakatobi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi.

Pembukaan kegiatan Experiental Learning for Responsibile Waste Management in Wakatobi, UNESCO World Biosphere Marine Reserve, Indonesia yang dihadiri oleh perwakilan National Geographic Society dan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AKKP) Wakatobi, Pemerintah Daerah, Balai Taman Nasional Wakatobi, Guru dan Siswa SMP di Wakatobi.

Materi dan pendidikan yang diberikan berupa pengelolaan sampah yang disampaikan kepada siswa/i SMPN 3 Wangi-Wangi Selatan sebagai puncak dari keseluruhan kegiatan Experiental Learning for Responsibile Waste Management in Wakatobi, UNESCO World Biosphere Marine Reserve, Indonesia. Diharapkan dengan materi yang diberikan dapat merubah perilaku masyarakat untuk lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi, Darman, S.Hut., M.Sc., yang diwakili Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I, Union, S.P., menyampaikan rasa terima kasih kepada keseluruhan panitia dan penyelenggara kegiatan serta instansi terkait atas kontribusinya dalam menjaga lingkungan. Diharapkan ini dapat meningkatkan “sense of purpose and belonging” terhadap lingkungan bersama khususnya di kawasan Taman Nasional Wakatobi. Sebagaimana diketahui bahwa sampah merupakan masalah lingkungan yang sangat serius yang dihadapi masyarakat pada umumnya baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Untuk itu diperlukan kerjasama antar keseluruhan stakeholders dalam penanganannya.

Penyampaian kata sambutan Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi, Darman, S.Hut., M.Sc., yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I, Union, S.P.

Bupati Wakatobi H. Haliana, S.E. yang diwakili Sekertaris Daerah Kab. Wakatobi, Drs. H. La Jumadin turut menyampaikan beberapa pesan terkait pengelolaan kolaboratif baik dari instansi pemerintah maupun masyarakat yang tinggal di Kabupaten Wakatobi untuk bersama-sama menjaga lingkungan khususnya terkait sampah.

Foto bersama penutup acara pertemuan oleh keseluruhan panitia dan perwakilan instansi

Sebelumnya telah dilakukan rangkaian kegiatan seperti pelatihan trainers dan pendidikan kepada siswa-siswi SMP dalam pengelolaan sampah dengan tema “Sampah Ku Tanggungjawab Ku”, seperti yang dilaksanakan pada Sanggar Budaya Wakatobi, Selasa (25/1) dengan peserta beberapa perwakilan instansi pemerintah, guru dan juga 125 siswa/siswi dari 5 SMP di Wakatobi. Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari Dr. Cindy Rianti Priadi, S.T., M.Sc. Project Leader yang mewakili National Geographic Society dan Fakultas Teknik Universitas Indonesia serta Direktur AKKP Wakatobi Heru Santoso, S.Pi.,M.Si., yang menjadi fasilitator pelaksanaan kegiatan.

Sumber : Fata Perdana Pasaribu, S.P. - Balai Taman Nasional Wakatobi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini